Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Puskesmas Sitiung I Kabupaten Dharmasraya Raih Prediket Terbaik Nasional

Puskesmas Sitiung I Kabupaten Dharmasraya Raih Prediket Terbaik Nasional
Menteri Kesehatan Prof. Nila A Moeloek bersama Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya drg. Hj. Erina, MKM dan Kepala Puskesmas Sitiung I dr. Dwinanda Elmira.
Senin, 14 November 2016 14:43 WIB
Penulis: Eko Pangestu

DHARMASRAYA - Prestasi bergengsi kembali ditorehkan Kabupaten Dharmasraya. Kali ini dari urusan bidang kesehatan, catatan gemilang kembali dibukukan. Puskesmas Sitiung I yang terpilih mewakili Sumatera Barat dalam ajang Lomba Puskesmas Berprestasi Tingkat Nasional 2016, akhirnya pulang dengan membawa hasil membanggakan.

Puskesmas yang dipimpin dr. Dwinanda Elmira itu meraih Juara II Puskesmas Berprestasi Nasional 2016 kategori perdesaan. Salah satu puskesmas tertua di Dharmasraya itu mengalahkan Puskesmas Deli Serdang, Sumatera Utara yang menempati posisi III. Adapun posisi I diraih Puskesmas Malaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

Penghargaan itu diserahkan langsung Menteri Kesehatan Prof. Nila A Moeloek pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52 di Gedung Kemenkes, Senin (14/11/2016) kemarin. Pada ajang nasional itu, penilaian puskesmas berprestasi terdiri atas tiga kategori yakni perdesaan yang diikuti 21 puskesmas, kategori perkotaan diikuti 22 puskesmas, dan kategori terpencil diikuti 9 puskesmas di seluruh Indonesia.

"Prestasi ini sangat membanggakan buat kita semua. Saya berharap semua puskesmas yang ada di Dharmasraya dapat mencontoh keberhasilan Puskesmas Sitiung I, baik dalam hal pelayanan maupun program pemberdayaan masyarakat lainnya," ujar Bupati Dharmasraya Sutan Riska.

Dirinya sekaligus menegaskan bahwa prestasi itu menjadi salah satu titik fokus pembangunan bidang kesehatan yang menjadi salah satu program utamanya yakni pelayanan prima di bidang kesehatan. Hal itu tercermin pada upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan bagi warga yang sakit menjadi sembuh dan sekaligus pencegahan agar warganya terhindar dari penyakit.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya drg. Hj. Erina, MKM yang turut hadir pada penganugerahan tersebut. Menurutnya, puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan harus optimal dalam memainkan perannya di tengah masyarakat baik sebagai pelayanan bidang kesehatan maupun pemberdayaan masyarakat.

"Selain mencegah dan merawat warga yang sakit, puskesmas harus berperan besar dalam kegiatan posyandu, UKS, nagari sehat, dasa wisma, dan program pemberdayaan lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sitiung I dr. Dwinanda Elmira mengaku bangga dengan prestasi itu. "Ini berkat kerja keras semua pihak, Bapak Bupati dan Wabup, Dinkes, rekan-rekan di Puskesmas, serta semua pihak yang turut andil. Penghargaan ini untuk seluruh insan kesehatan Dharmasraya," tuturnya bangga. (***)

Editor:Calva
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Dharmasraya
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/