Home  /  Berita  /  Pendidikan
Tingkat SLTA se-Provinsi Sumatera Barat

SMAN 1 Kec. Payakumbuh Juara 1 Festival Film

SMAN 1 Kec. Payakumbuh Juara 1 Festival Film
Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan tropy dan tabanas kepada SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota yang sukses merebut juara pertama Festival Film Pendek Dokumenter Kebudayaan tingkat SLTA se-Provinsi Sumatera Barat, Bengkulu dan
Jum'at, 11 November 2016 18:55 WIB
Penulis: Ilham Noviandre

LIMA PULUH KOTA--SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota sukses merebut juara pertama Festival Film Pendek Dokumenter Kebudayaan tingkat SLTA se-Provinsi Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Prestasi membanggakan itu diumumkan pihak penyelenggara Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat di aula kantor Bupati Limapuluh Kota, Jumat (11/11).

Tropy dan Tabanas senilai Rp8,5 juta diserahkan langsung Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi kepada para siswa SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh didampingi Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud RI Dra. Espita Riama. Irfendi mengaku gembira dan mengapresiasi kebolehan para siswa tersebut.

 

“Ini akan menjadi cikal bakal bagi anak muda kita untuk bisa menjadi orang perfilman seperti cameramen, sutradara atau editor film yang handal,” ujar Irfendi menjawab wartawan usai acara.

 

Irfendi mengaku senang Kabupaten Limapuluh Kota menjadi tempat pusat Festival Film Pendek Dokumenter Kebudayaan tingkat SLTA se-Provinsi Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan tahun 2016. Ia yakin kegiatan ini akan menjadi tempat untuk anak muda berkreaktifitas.

 

“Kita berharap dari daerah ini lahir orang perfilman yang hebat. Untuk itu saya mengajak para generasi muda untuk tidak pernah diam agar bisa menjadi orang sukses,” tutur Irfendi dalam sambutannya pada acara puncak Festival Film tersebut.

 

Sebelumnya panitia acara dari BPNB Dra. Ernatif juga mengatakan, bila ahli bisa dipastikan dunia perfilman juga menjadi lapangan pekerjaan yang menggiurkan. Untuk membekali generasi ilmu dan keahlian perfilman ini diharapkan adanya respon positif dari Pemkab Limapuluh Kota.

 

“Kita berharap Pemkab Limapuluh Kota merespon dan ivent festival film ini sebagai salahsatu upaya membekali generasi muda,” tutur Ernatif.

 

Dalam  festival itu siswa SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh melombakan film Pendek Dokumenter Kebudayaan yang berjudul Debus. Sedangkan juara dua direbut siswa SMAN 3 Batusangkar dengan film Simuntuang dan juara tiga oleh SMKN 6 Lingkuang dengan film Mandi Balacuik.

 

Hadir dalam acara itu  dewann juri dari IKJ Jakarta Kusen Dony Hermansyah dan Adri Yandi, M.Sn dari ISI Padang Panjang.***

Editor:M Siebert
Kategori:Pendidikan, GoNews Group, Limapuluh Kota

wwwwww