Home  /  Berita  /  Umum

Langkah Maju Lima Puluh Kota

Langkah Maju Lima Puluh Kota
Bupati Lima Puluh Kota,Irfendi Arbi Terima Buku Dari Ketua Bundo Kanduang Provinsi
Jum'at, 11 November 2016 19:14 WIB
Penulis: Ilham Noviandre

LIMA PULUH KOTA--Aktivasi Sekolah Binaan Bundo Kanduang, menjadikan generasi muda yang tau akan budaya, adat Istiadat.“Tiap sekolah nantinya akan diberikan muatan lokal bagaimana budaya dapat kita lestarikan dan dapat pelajari ini penting dalam menghadapi zaman globalisasi”

Kegiatan ini harus bermamfaat bagi siswa-siswa kedepan, Untuk itu para Bundo Kanduang bisa selalu tampil dan mengawal setiap yang berkenaan dengan masalah adat dan budaya, kata Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi membuka Aktivasi Sekolah Binaan Bundo Kanduang di SMAN 1 Kecamatan Guguak, Jumat(11/11).

        Hadir pada kesempatan itu, Ketua Umum Bundo Kandung Sumatera Barat Puti Reno Raudha Thaib yang juga sebagai narasumber.Antisipasi pengaruh kepada siswa menghadapi kemajuan teknologi yang sangat cepat dan budaya barat.

      

         Tidak sekedar mengurus permasalahan organisasi, keberadaan Bundo Kanduang semestinya juga mampu memperkuat fungsi dan keberadaan ninik mamak di dalam kaumnya atau nagari, kata Irfendi Arbi.

       “Kita mengharapkan, apapun pengaruh dari luar jangan sampai menodai budaya yang telah melekat dalam diri kita masing-masing. Kita memang harus mengikuti perkembangan zaman, namun kita jangan sampai terpengaruh dan terjerumus kepada sikap yang bertentangan dengan budaya minangkabau,” tambah Irfendi Arbi.

         

”Bundo kanduang limpapeh rumah nan gadang, sumarak dalam nagari, hiasan dalam kampuang, umbun puro pegangan kunci.”

         Dari 673 SMA/SMK hanya 8 SMA yang dapat pembinaan Bundo Kanduang salah satunya SMAN 1 Kecamatan Guguak. Ini merupakan langkah maju Lima Puluh Kota.” Kita aplikasikan ke anak didik , Guru dan Bundo Kanduang dalam dalam menerapkan budaya Minang Kabau, yang Tak lapuak dek Paneh dan Tak lakang dek Hujan, Kata ketua Panitia Yendri Kepala SMAN 1 Guguak.

Editor:M Siebert
Kategori:Umum, GoNews Group, Limapuluh Kota
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/