Home  /  Berita  /  Umum

Secara Spontan, Dandim 0304 Agam Ini Pungut Sampah di Sekeliling Lapangan Kantin Wirabraja

Secara Spontan, Dandim 0304 Agam Ini Pungut Sampah di Sekeliling Lapangan Kantin Wirabraja
Dandim 0304 Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara terlihat sedang memungut sampah di lapangan Kantin Wirabraja, Kamis 13 Oktober 2016 sore.
Kamis, 13 Oktober 2016 20:25 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Kesadaran akan pentingnya kebersihan di lingkungan adalah suatu hal yang teramat penting. Karena, realnya saat ini kesadaran para warga masih rendah terhadap kebersihan, padahal tingkat kesehatan warga di suatu pemukiman dan daerah sangat dipengaruhi oleh kebersihan lingkungan tempat mereka tinggal.

Mayoritas masyarakat belum mengetahui cara memperlakukan sampah dengan baik dan benar. Di jalan-jalan kita masih sering ditemukan sampah yang berserakan, walaupun sudah ada petugas kebersihan.

Berawal dari permasalahan itu, Dandim 0304 Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara berinisiatif untuk melakukan budaya gerakan memungut sampah dari lingkungannya sendiri.

Pantauan GoSumbar kegiatan memungut sampah ini dilakukan secara spontan oleh Salim Kurniawan Dewantara, Kamis 13 Oktober 2016 di lapangan Kantin Wirabraja. Saat warga masyarakat tengah berolahraga sore di lapangan itu, Dandim yang baru dilantik itu terlihat spontan memungut sampah dan masuk ke dalam parit di sekitar areal lapangan itu.

"Kegiatan ini bukan semata-mata bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekitar, akan tetapi juga untuk membentuk kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan serta sarana mengedukasi masyarakat,"ungkapnya.

"Bisa kita lihat sendiri, padahal banyak warga yang memanfaatkan areal sekitar lapangan untuk berolahraga untuk kebugaran, baik pagi maupun sore hari. Namun, mereka malah tidak peduli dengan sampah yang bertebaran di sekeliling mereka, padahal petugas piket di lapangan kantin tiap sebentar mengingatkan para pengunjung melalui Toa pengeras suara untuk membersihkan sampah di sekitar mereka, ini yang sangat kita sayangkan,"terangnya.

Kegiatan ini sebenarnya cukup sederhana, sambil jalan sampah dipungut bersama dengan bersama-sama. Sambil memunguti sampah, warga yang dijumpai juga diingatkan Salim Kurniawan Dewantara untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Sangat disayangkan dalam kegiatan ini partisipasi warga tidak terlalu baik dan terkesan kurang peduli. Berbeda dari apa yang kita harapkan. Kita serius menghadapi fenomenal ini, semoga dengan intensnya kegiatan ini kita lakukan akan mampu membawa perubahan kepada masyarakat ke sikap yang lebih positif di masa yang akan datang, tandasnya.(**)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/