Loading...
Home >  Berita >  Payakumbuh

Wendra Yunaldi ~ Ennaidi Bertekad Mewujudkan Segi Tiga Emas Kota Payakumbuh

Wendra Yunaldi ~ Ennaidi Bertekad Mewujudkan Segi Tiga Emas Kota Payakumbuh
Calon perseorangan (independen) walikota Payakumbuh Wendra Yunaldi - Ennaidi.(net)
Rabu, 05 Oktober 2016 11:00 WIB
Penulis: Jontra
PAYAKUMBUH - Maju dalam Pilkada Walikota Payakumbuh melalui jalur perseorangan, Wendra Yunaldi berpasangan dengan Ennaidi Dt. Angguang nan Pandak dengan niatan ingin mewujudkan Segi Tiga Emas di kota Batiah.

"Kami ingin mewujudkan masyarakat Kota Payakumbuh sejahtera secara ekonomi, taat dalam manjalankan agama dan kuat memegang adat Minang. Itulah segi tiga emas yang jadi misi kami, yang akan menjadikan masyarakat Payakumbuh bahagia dalam kehidupan," kata Wendra Yunaldi, yang maju melalui jalur perseorangan untuk menduduki kursi Walikota Payakumbuh.

Wendra, sosok calon walikota muda berusia 38 tahun itu, tidak asing di kota Payakumbuh, karena aktif di berbagai organisasi sosial dan masyarakat. Dia melihat kota kelahirannya potensial tertinggal ketika kota - kota lain bergerak maju. Payakumbuh juga menyimpan bom waktu karena orientasi pembangunan sejauh ini tidak berorientasi pada sumber daya manusia dan menyejahterakan masyarakat.

"Tetapi cenderung membangun fisik yang tidak berdampak langsung pada peningkatan ekonomi masyarakat." kata Wendra Yunaldi yang sekarang sedang menjalani pendidikan doktor hukum tata negara.

Misi Segi Tiga Emas yang akan diterapkan Wendra dan Dt. Angguang adalah program penyiapan dana Rp1 miliiar setiap kelurahan dan kenagarian di Kota Payakumbuh.

Dana satu miliar itu untuk modal bagi warga yang ingin membuka usaha. Selama ini untuk mendapatkan modal 10 juta saja warga kesulitan. Dengan program satu miliar tiap kelurahan, ekonomi masyarakat ditumbuhkan dengan bergeraknya sektor usaha home industry dan ekonomi kreatif.

"Di sinilah peran nyata pemerintah terlihat nyata untuk menyejahterakan rakyatnya," kata Wendra, yang pernah menjabat sebagai Ketua KNPI Kota Payakumbuh.

Agama dan Adat

Di bidang adat dan budaya, Wendra mendapat banyak informasi dari niniak mamak pemangku adat betapa sangat minimnya perhatian pimpinan kota terhadap kehidupan budaya dan adat. Termasuk dalam hal anggaran terhadap lembaga Karapatan Adat Nagari (KAN).

Wendra memahami bahwa adat yang kuat penting bagi kehidupan masyarakat Payakumbuh sebagai daerah inti Minangkabau.Upaya menguatkan adat dengan penyiapan anggaran semiliar per nagari.

"Dengan tersedianya anggaran yang memadai, lembaga adat bisa menjalankan berbagai program yang tujuannya untuk penguatan kehidupan di bidang adat di Payakumbuh," ujar Wendra yang maju dengan wakil seorang pemangku adat dan mantan pejabat birokrasi Pemda Payakumbuh.

Aspek satu lagi dari Segi Tiga Emas adalah mewujudkan masyarakat Payakumbuh yang teguh dan taat manjalankan agama, Islam. "Kami akan memperhatikan dan. mendukung secara serius kegiatan keagamaan," kata Wendra Yunaldi.

Peran pemerintah di bidang keagamaan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Melalui pendidikan formal dan informal, membantu program lembaga keagamaan dalam memakmurkan mesjid dan mushalla.

Wendra menegaskan, "Kami juga ingin bersama masyarakat memikirkan untuk mewujudkan mesjid yang representatif atau berupa Islamic Centre yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Payakumbuh,"tandasnya.(**)


Loading...
www www