Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Pilkada Kepulauan Mentawai, Pendaftaran Dimulai, Hari Pertama Nihil Paslon Mendaftar

Pilkada Kepulauan Mentawai, Pendaftaran Dimulai, Hari Pertama Nihil Paslon Mendaftar
Badut Pilkada menunggu Paslon mendaftar di KPU Kepulauan Mentawai. (Humas)
Kamis, 22 September 2016 22:44 WIB

MENTAWAI - Pembukaan pendaftaran pasangan calon (Paslon) yang ikut dalam Pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu (21/9/2016), tak satu pun Paslon yang mendaftar. Kantor KPU yang berada di Jalan Raya Tuapejat Kilometer 7, hanya disibukan petugas KPU saja dan terlihat sepi pengunjung. Sesuai ketentuan, pendaftaran Paslon dibuka sejak pukul 08.00 hingga pukul 16.00, sejak tanggal 21 September hingga 23 September 2016. 

Guna menyemarakkan pendaftaran, KPU Mentawai membuat petugas pendaftran mengenakan pakaian adat Mentawai yang siap menyambut kedatangan Paslon. Bahkan, ada badut yang mengenakan pakaian, berupa kateuba atau alat pukul gendang Mentawai. Badut tersebut, pada tangan kanannya memegang alat pencoblosan berupa paku dan papan pengumuman yang tertulis tanggal 15 Februari 2017.

Ketua KPU Kepulauan Mentawai, Laurensius Sarogdok didampingi Divisi Teknis Bastian Siriuriu, Divisi Sosialisasi Hantiter, Divisi Hukum Muhammad Arif, dan Divisi Logistik Martina mengatakan, pada prinsipnya KPU siap menunggu kedatangan Paslon yang akan mendaftar.

“Hari ini kita sudah siap menunggu kedatangan Paslon yang akan mendaftar. Tapi, keliatannya, sampai sekarang belum ada Paslon yang mendaftar,” kata Laurensius.

Menurut Laurensius, sejauh ini yang sudah mengimput data ke KPU melalui sistem informasi pencalonan atau aplikasi online dan juga sudah masuk ke databes KPU RI, baru dua Paslon. Yakni Yudas-Korta dan Paslon Ri jel-Binsar.

“Nah, berkemungkinan dari Paslon yang sudah mendaftar secara online ini, menjadi rujukan kita, yakni sebanyak dua Paslon saja,” kata Laurensius. Namun, kata Laurensius, Paslon yang nantinya mendaftar ke KPU tanpa memiliki aplikasi silon, secara komulatif tetap akan diterima.

Hanya saja, kata Laurensius, dalam berita acara pendaftaran akan tetap dilaporkan tidak memiliki kelengkapan aplikasi silon. Begitu juga, pada saat verifikasi data, secara otomatis akan terlihat. Pilkada di Mentawai sebanyak 63.834 warga mempunyai hak pilih sesuai DPT Pilgub 2015. (***)

wwwwww