Home  /  Berita  /  Ekonomi

Inflasi Sumbar Bulan Juli Masih Diatas Nasional, Jengkol dan Petai Sumbang Angka

Inflasi Sumbar Bulan Juli Masih Diatas Nasional, Jengkol dan Petai Sumbang Angka
Kepala BPS Provinsi Sumbar Dodi Herlando sedang menyampaikan angka inflasi Sumbar.
Senin, 01 Agustus 2016 15:38 WIB
PADANG - Laju inflasi di Sumbar masih diatas angka nasional, yakni antara 1.46 persen sampai 1.52 persen. Padahal angka inflasi nasional berada pada kisaran 0.69 persen. Kenaikan angka inflasi, disebabkan kenaikan harga bahan-bahan makakan, jelang puasa dan lebaran kemaren.

Angka ini dikatakan Kapala BPS Provinsi Sumbar Dodi Herlando, saat acara relis inflasi Juli 2016 Sumbar di Padang, Senin (01/8/2016).

Disebutkan Dodi, ada tujuh variabel yang diukur dalam melihat laju infaksi di Sumbar, terutama di Kota Padang dan Bukittinggi. Diantaranya, bahan makanan, makanan jadi termasuk rokok, perumahan, listrik, sandang, kesehatan, pendidikan dan transportasi.

Untuk bahan makanan, kata Dodi, sumbangan terjadi pada cabai merah, bawang merah, ayam ras, jengkol, petai, minyak goreng, telur ayam, kentang, emas perhiasan dan transportasi.

Dodi juga menyampaikan, inflasi di pedesaan juga masih tinggi, yakni sebesar 0.9 persen. Memang seluruh kota di Sumatera jalani inflasi (23 kota), kecuali Medan dan Tanjung Pandan.

"Inflasi ini jelas akan mempengaruhi daya beli/gerusan daya beli masyarakat. Dan juga berdampak pada angka kemiskinan di desa," katanya.

Dalam kesempatan ini, Dodi juga memberikan apresiasi soal peningkatan aktifitas di bidang pariwisata di Sumbar. Namun ia mengusulkan, agar Sumbar juga menggarap ekonomi kreatif berbasis IT.

"Sumbar potensi sekali soal pariwisata dan ekonomi kreatif berbasis IT," tegasnya.

BPS juga menyampaikan angka kunjungan Wisman ke Sumbar via BIM dab Teluk Bayur. Dijelaskan, kunjungan wisman turun dibanding bulan Mei di bulan Juni lalu, yakni sebesar 2104, sedangkan Mei di angka 4854.

"Wisatawan Malaysia dan Austraila masih menempati urutan tertinggi kunjungan ke Sumbar," akunya. ***

Editor:Calva
Kategori:Ekonomi, GoNews Group, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/