Home  /  Berita  /  Ekonomi

Jalan Pasar Koto Baru Sering Macet, Guna Mengatasinya Bakal Dibuat Lahan Parkir Baru

Jalan Pasar Koto Baru Sering Macet, Guna Mengatasinya Bakal Dibuat Lahan Parkir Baru
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi ketika meninjau lahan parkir baru di Pasar Koto Baru. (Humas Tanah Datar)
Jum'at, 24 Juni 2016 09:34 WIB

TANAH DATAR -  Pasar Koto Baru X Koto yang berada di jalan negara Padang-Bukittinggi seringkali menimbulkan kemacetan panjang terutama setiap hari Senin. Nagari Koto Baru Kecamatan X Koto sebagai salah sentra produksi hasil pertanian di Tanah Datar tentunya pasar Koto Baru menjadi ramai didatangi banyak pedagang dari berbagai daerah membeli berbagai hasil pertanian seperti wortel, kol, terung, seledri, daun bawang dan lainnya, yang kemudian dijual kembali ke berbagai daerah di Sumatera Barat bahkan ke provinsi tetangga.

Intensitas yang tinggi dengan adanya mobil berbagai ukuran lakukan bongkar muat di Pasar Koto Baru ini membuat lalu lintas seringkali terhambat. Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan Provinsi Sumatera Barat sedang berupaya mencari solusi yang konkrit untuk mengatasi hal tersebut.

Bupati Irdinansyah Tarmzi didampingi Asisten I Drs. Altri Suandi, SKPD terkait, Camat X Koto Drs. Herrison dan Walinagari Koto Baru ungkapkan, dalam jangka pendek telah ditemukan solusi mengatasi kemacetan di depan pasar Koto Baru melalui manajemen rekayasa lalu lintas pasar.

“Segera kita siapkan lahan untuk dijadikan parkir yang berada seberang pasar, yang bisa menampung mobil dan truk pedagang atau pengunjung,” kata bupati saat meninjau lokasi bersama tim Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Selasa (21/06/2016).

Bupati Irdinansyah perintahkan jajaran PU Tanah Datar mengerahkan peralatan yang ada untuk segera bekerja melakukan pembersihan lahan (land clearing) dan di kesempatan itu Dinas Prasjal dan Tarkim Provinsi siap membantu.

Di hadapan Asisten Ekobang Provinsi Ir. Syafruddin dan Kadis Prasjal dan Tarkim Provinsi Ir. Soeprapto, bupati Irdinansyah Tarmizi berharap lokasi parkir sudah siap dipakai pada Senin mendatang sehingga kemacetan dapat diatasi, apalagi menjelang lebaran arus lalu lintas semakin meningkat.

Bupati juga harapkan peran walinagari, ninik mamak dan pengelola pasar untuk mensosialisasikan kepada pedagang terkait keberadaan parkir baru sehingga pedagang secara sukarela memarkirkan kendaraannya di lokasi yang sudah disediakan.

Jangka menengah solusinya adalah menyiapkan jalur alternatif menghindari kepadatan arus lalu lintas di jalan utama sedangkan untuk jangka panjang, pemerintah Provinsi Sumatera Barat didukung penuh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan ninik mamak masyarakat setempat merencanakan pembangunan jalan by pass. (Humas-Wan/Aris)

Editor:Calva
Kategori:Ekonomi, GoNews Group, Tanah Datar
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/