Home  /  Berita  /  Politik
H. Suwandel Muchtar Maju Sebagai Balon Walikota

Wujudkan Masyarakat Berpendidikan dan Berakhlaktul Karimah

Wujudkan Masyarakat Berpendidikan dan Berakhlaktul Karimah
Suwandel Muchtar mengambalikan formulir ke DPD Partai Nasdem.(f/humas)
Jum'at, 25 Maret 2016 19:06 WIB
Penulis: Nur Akmal

PAYAKUMBUH-Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar dipastikan akan maju sebagai bakal calon (Balon) Walikota Payakumbuh periode 2017-2022. Pembuktian majunya Suwandel Muchtar terlihat ketika dia mengembalikan formulir pedaftaran ke DPD Partai Nasdem dan ke DPC PDI-P serta mengambil formulir ke DPC Hanura, Kamis (24/3).

Ketika di kedua partai politik itu Suwandel Muchtar yang diantar puluhan pendukungnya, mengatakan, ingin maju sebagai Walikota untuk mewujudkan kota Payakumbuh yang maju, mandiri, dinamis dan sejahtera dengan masyarakat berpendidikan dan berakhlaktul karimah.

"Pembangunan pendidikan diarahkan untuk menghasilkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif melalui peningkatan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas dan relevansi, kesetaraan dan kepastian memperoleh pendidikan,"papar Suwandel Muchtar.

Untuk memajukan pendidikan itu mengutamakan penguatan mata rantai terlemah dan pemenuhan standar pelayanan. Hal ini akan dilakukan di setiap jenjang pendidikan. “Artinya, yang ingin kita tajamkan adalah penguatan mata rantai terlemah,"jelas mantan Kabiro Unand itu.

Dipaparkan Suwandel Muchtar, mata rantai terlemah dalam peningkatan akses dan mutu pendidikan, misalnya PAUD adalah menggerakkan partisipasi publik, perluasan jangkauan layanan PAUD, penguatan kelembagaan PAUD, penyediaan dan peningkatan kualitas PTK PAUD dan peningkatan kesejahteraan PAUD.

Untuk penuntasan pendidikan dasar sembilan tahun, sasaran akan difokuskan pada semua anak usia 7-15 tahun. Digratiskannya pendidikan dasar dan layanan pendidikan dasar sesuai standar pelayanan minimum.

Peningkatan akses dan kualitas pendidikan menengah umum dan relevansi pendidikan vokasi (SMK dan Politeknik) difokuskan pada peningkatan akses Dikmen, peningkatan akses dan daya saing Dikti ditekankan pada penyediaan beasiswa bagi calon mahasiswa miskin berprestasi, pembangunan perguruan tinggi atau politeknik baru, percepatan sertifikasi dosen, pengembangan rumah sakit pendidikan dan lain-lain.

“Berpengalaman ketika dipercaya menjadi Kabiro Unand Padang, dan diamanahkan sebagai Wakil Walikota periode 2012-2017, maka saya memberanikan maju sebagai balon Walikota dengan beberapa program, utamanya pendidikan dan akan meningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, “jelas Suwandel Muchtar. ***

Editor:M.Siebert
Kategori:Politik, GoNews Group, Payakumbuh
wwwwww