Home  /  Berita  /  Ekonomi

Wujudkan Kepedulian, Alumni SMA 4 Padang Dirikan Koperasi Zaara

Wujudkan Kepedulian, Alumni SMA 4 Padang Dirikan Koperasi Zaara
Alumni SMA 4 Padang foto bersama dengan guru dan siswa berprestasi
Minggu, 27 Desember 2015 16:42 WIB
Penulis: Agib M Noerman

PADANG - Wujud kepedulian terhadap kepedulian perekonomian masyarakat, alumni SMA 4 Padang meresmikan pendirian koperasi dengan nama Koperasi Zaara. Tidak jauh berbeda dengan koperasi lainnya, Koperasi Zaara juga memilik badan hukum.

Penasehat Koperasi Zaara Zulkifli AR mengatakan, koperasi ini didirikan berdasarkan trust atau kepercayaan alumni. Maka dari itu,koperasi ini bersifat terbuka dan sosial. Begitu pula dengan pengelolaannya harus transparan serta akuntabel.

"Koperasi ini didirikan untuk memberdayakan potensi alumni khususnya yang berada di Kota Padang dan di luar daerah umumnya. Koperasi Zaara dimaksudkan memberi sumbangsih peningkatan perekonomian untuk kesejahteraan alumni," kata Zulkifli disela-sela pengukuhan Koperasi Zaara, Minggu (27/12/2015).

Baru terbentuk, Koperasi Zaara saat ini sudah memiliki 60 anggota. Sesuai latar belakang berdirinya, yang menjadi anggota Koperasi Zaara adalah alumni, guru aktif dan guru purna tugas serta siswa. Namun, masyarakat umum tidak tertutup kemungkinan bias menjadi anggota koperasi.

“Kalau ada wartawan yang mau menjadi anggota koperasi, pengurus dengan tangan terbuka akan menerima,” ungkap anggota polisi yang berpangkat Komisaris Besar ini.

Sementara Ketua Koperasi Zaara Harismanto menjelaskan, tidak berbeda dengan koperasi yang ada umumnya, koperasi yang digalang alumni SMA 4 Padang ini juga merupakan koperasi simpan pinjam. Syaratnya pun sama yakni mempunyai simpanan pokok dan simpanan wajib.

Syarat utama untuk menjadi anggota koperasi harus alumni SMA 4 Padang. Kemudian, membayar simpanan pokok sebesar Rp200 ribu serta membayar simpanan wajib Rp25 ribu per bulan.

“Koperasi ini untuk mempermudah alumni yang dalam kesulitan ekonomi. Dalam perkembangannya nanti, koperasi simpan pinjam ini bisa menjadi koperasi usaha,” tegas Harismanto.

Temu alumni SMA 4 Padang yang dilaksanakan di Kimos Cafe, selain mengukuhkan kepengurusan Koperasi Zaara juga memberikan apresiasi terhadap siswa dan guru SMA 4 yang berprestasi. Apresiasi tersebut diwujudkan dalam bentuk pemberian award atau penghargaan.(agb)  

Kategori:Padang, Ekonomi
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/