Home  /  Berita  /  Umum

Zidan Sering Mengamuk, Pihak TMSBK Bukittinggi Renovasi Kandang Gajah

Zidan Sering Mengamuk, Pihak TMSBK Bukittinggi Renovasi Kandang Gajah
Renovasi kandang gajah di TMSBK Bukittinggi.
Jum'at, 16 Oktober 2015 18:35 WIB
Penulis: jontra
BUKITTINGGI, GOSUMBAR.COM - Guna mengantisipasi keganasan Gajah jantan yang bernama Zidan, pihak Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi lakukan renovasi dengan perluasan kandang, mengingat kondisi saat ini kondisi kandangnya terkesan sempit dan tidak banyak berubah sejak Gajah itu mulai menghuni kandangnya beberapa tahun yang silam.

Kepala Bidang TMSBK Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bukittinggi, Ikbal, Jum’at (16/10/2015) mengatakan, renovasi kandang Gajah ini memanfaatkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2015 sebesar Rp400 juta.

“Kondisi selama ini, sepasang Gajah penghuni TMSBK Zidan dan Bita dirantai agar tak mengganggu petugas maupun pengunjung, namun secara kaidah kondisi seperti ini dilarang karena menghambat kebebasan satwa, maka dari itu dilakukan renovasi kandang, agar kedua satwa ini lebih nyaman saat berinteraksi dengan pengunjung,” jelasnya.

Sejak didatangkan ke TMSBK menurut Ikbal, Gajah Jantan bernama Zidan ini telah berulang kali mencoba menyakiti pasangan betinanya Bita. Bahkan, sempat hampir membunuh petugas yang merawatnya.
 
”Kita berencana menukar Zidan dengan Gajah lainnya di penangkaran karena cukup berbahaya, apalagi kalau pernah menciderai petugas hewan dan pengunjung, sifat alamiahnya cukup ganas, sehingga perlu dicarikan solusi,” ujarnya.

Tidak itu saja, selain memperluas kandang, pihak TMSBK juga membangun kolam besar untuk tempat pemandian Gajah, dan sejauh ini perluasan kandang ini tidak membuat pengunjung terganggu, dan diharapkan renovasinya selesai dalam tengat waktu yang telah ditentukan, pungkasnya.(**)

Kategori:Bukittinggi, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/