Home  /  Berita  /  Umum

Kabut Asap, Hari Ini Jarak Pandang di Kota Padang Hanya 1.300 Meter

Kabut Asap, Hari Ini Jarak Pandang di Kota Padang Hanya 1.300 Meter
ilustrasi
Selasa, 20 Oktober 2015 16:11 WIB
Penulis: .
PADANG, GOSUMBAR.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping, Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan jarak pandang di kota itu pada Selasa pagi hanya sekitar 1.300 meter akibat diselimuti kabut asap.

"Kondisi ini sama dengan hari sebelumnya kabut asap berasal dari kiriman provinsi tetangga yang ditiup angin ke Sumbar," kata Analisis Cuaca BMKG Ketaping, Neli Elvira saat dikonfirmasi di Padang, Selasa.

Menurut dia selama sumber api belum padam, maka asap akan terus ada apalagi saat ini angin berembus dari selatan ke tenggara.

Sementara pada hari ini BMKG memperkirakan terdapat peluang hujan dengan intensitas ringan dan sedang terutama pada daerah pesisir barat Sumbar pada sore dan malam hari.

Salah seorang warga Padang, Fathul mengatakan, kabut asap yang terjadi semakin pekat dibandingkan sebelumnya sehingga ia memilih memakai masker saat berkendara.

Ia berharap pemerintah segera menanganinya agar kabut asap tidak terus terjadi karena mengganggu aktivitas warga.

Sebelumnya Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) meminta negara harus menyelamatkan warga dari kabut asap yang sudah terjadi dalam 18 tahun terakhir dengan tidak membiarkan pembakaran lahan terus terjadi.

"Sudah sekian lama masyarakat menderita akibat kabut asap, mengapa pemerintah baru bereaksi kalau negara tetangga sudah berteriak," kata Kepala Departemen Advokasi Walhi Nur Hidayati.

Upaya pencegahan salah satunya penegakan hukum, karena selama 18 tahun terakhir sudah diketahui siapa aktor dari pembakaran.(ant)

Sumber:antara
Kategori:Padang, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/