Home  /  Berita  /  Ekonomi

Menteri Perindustrian Saleh Husin Ikut Promosikan Es Krim dan Kue Bengkoang Asal Padang

Menteri Perindustrian Saleh Husin Ikut Promosikan Es Krim dan Kue Bengkoang Asal Padang
ilustrasi
Rabu, 11 November 2015 13:05 WIB
Penulis: .
JAKARTA - Balai Riset dan Standardisasi Industri (Baristand) Kota Padang mengembangkan es krim dan kue khas dari bengkoang. Bahkan usaha ini mendapatkan perhatian khusus dari Kementerian Perindustrian.

"Dari tanaman ini, sudah berhasil dikembangkan produk jadi berupa es krim bengkoang, donat, waffle, hingga bolu kukus," kata Menteri Perindustrian Saleh Husin dalam rilisnya yang dilansir tempo.co, Selasa, 10 November 2015.

Menurut dia, kue dari bengkoang punya daya jual yaitu rasa yang khas. "Tekstur waffle dari bengkoang terasa padat tapi tetap lembut. Kita yang awam pun bakal tahu ini bukan dari tepung seperti kue-kue kebanyakan," ujar Saleh.

Saleh menambahkan, fasilitas riset yang berada tak jauh dari komplek pabrik Semen Padang di kawasan Ulu Gadut, Kota Padang itu berhasil memperpanjang keawetan kue-kue basah dari bengkoang.

Penggunaan bengkoang oleh para peneliti Baristand berangkat dari melimpahnya produk hortikultura ini di Sumatera Barat. Sehingga jika dikembangkan lebih lanjut maka pasokan bahan baku terjamin.

"Kue-kue ini juga dapat menambah jenis produk makanan khas Sumbar bagi para pemburu kuliner" ujar Salih Husin. Menurutnya dengan kemasan yang menarik, makanan tersebut akan menjadi oleh-oleh favorit.

Saleh berharap semua orang mau ikut riset dengan Baristand, karena selain dilakukan oleh peneliti unggul dari kementerian. Hasilnya pun bisa dijual dan membangkitkan UKM di daerah.

Kepala Baristand Padang, Prima Yudha Hayati mengungkapkan layanan yang diberikan lembaganya. Antara lain rekayasa produk, pengujian, kalibrasi, standardisasi, dan litbang.

"Kami siap melayani pelaku usaha berbagai skala bisnis termasuk IKM. Silakan datang karena itu justru menyemangati kami," ujarnya.***

Sumber:tempo.co
Kategori:Padang, Ekonomi
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/