Home  /  Berita  /  Ekonomi

KWT Bunga Melati Padang Alai Juara Nasional 2015

KWT Bunga Melati Padang Alai Juara Nasional 2015
Hasil tanaman ubi kayu milik KWT Bunga Melati dipegang Walikota Riza Falepi dan Ketua TP-PKK dr.Heny Riza Falepi di kebun KWT Kelurahan Padang Alai
Selasa, 08 Desember 2015 20:03 WIB
Penulis: M.Siebert
PAYAKUMBUH- Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Melati Kelurahan Padang Alai, Kecamatan Payakumbuh Timur, ditetapkan Kementerian Pertanian sebagai juara nasional dalam Lomba Adikharya Pangan Nasional (APN) 2015.

Sebagai wakil Sumatera Barat, KWT Bunga Melati, sukses mengantarkan Provinsi Tuah Sakato itu, menjadi provinsi terbaik di Indonesia,  dalam mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional.

Sekdako H. Benni Warlis didampingi Kepala Kantor Ketahanan Pangan Ir. Antoni Jaya, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, menginformasikan, Selasa  (8/12), SK  Menteri Pertanian, tentang penetapan pemenang Lomba APN 2015, baru saja diterimanya, Jum’at  (4/12) pekan lalu. Namun dalam SK itu, belum dijelaskan lokasi dan tanggal penyerahan hadiah atau penghargaan APN itu,  jelasnya.

Dikatakan, biasanya  hadiah dan penghargaan pemenang APN itu diserahkan di Istana Negara di Jakarta oleh Presiden RI kepada kepala daerah. Tapi, hingga sekarang belum ada informasi dari kementerian terkait tentang itu. Mudah-mudahan, dalam beberapa hari ke depan, akan tiba informasi lebih lanjut, tambah Antoni Jaya.

Ketua KWT Bunga Melati, Desi Marlina,  ketika dihubungi terpisah, juga mengaku sudah mengetahui informasi, kalau KWT yang dipimpinnya tampil sebagai juara nasional. “Benar Pak Anton (Kepala Kantor Ketahahan Pangan, Red),” katanya.

Menurutnya, kemenangan itu merupakan hasil kerja keras anggota KWT dalam mengembangkan usaha pertanian, terutama tanaman holtikultura,  dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

KWT dengan dukungan 20 anggotanya itu, sudah punya lebih kurang satu hektar lahan pertanian yang tersebar di kelurahan setempat. Imbasnya, di rumah-rumah penduduk sudah mengembangkan berbagai tanaman holtikultura, di lahan pekarangan rumah mereka. Untuk mendapatkan sayuran dan cabe, warga cukup mengambilnya di halaman rumah, dan tak perlu lagi membelinya ke pasar.

 Menurut Desi, KWT Bunga Melati, banyak mendapat bimbingan dari Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Hj. Henny Riza Felepi, sebagai pembina KWT di Payakumbuh. “Kami selalu dibimbing pengurus TP-PKK kota dan kecamatan  serta  jajaran Kantor Ketahanan Pangan dalam bercocok tanam, akunya.

Sementara itu, keterangan Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi,  di Payakumbuh sudah seluruh kelurahan memiliki KWT dengan total lahan pertanian lebih kurang 25 hektar. Seluruh KWT dimotivasi untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan program ketahanan pangan nasional, simpulnya.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/