Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Pembangunan Tol Padang - Sicincin, Menteri Hadi Tjahjanto Pastikan Segera Beroperasi

Pembangunan Tol Padang - Sicincin, Menteri Hadi Tjahjanto Pastikan Segera Beroperasi
Rabu, 21 Juni 2023 13:17 WIB
PADANG – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) merespons cepat keinginan masyarakat Sumatera Barat dan Riau untuk percepatan pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin. Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto, memberikan pernyataan tersebut saat melakukan inspeksi mendadak di lokasi proyek, Selasa (20/6/2023).

Menteri Hadi tampak serius saat melakukan pengecekan terhadap proyek infrastruktur sepanjang 36,6 kilometer tersebut, memastikan bahwa kemajuan pembangunan berjalan sebagaimana mestinya. Dia juga menerima laporan pembangunan secara langsung dari Hutama Karya, kontraktor yang bertanggung jawab atas proyek fisik jalan tol ini.

"Kami sudah melakukan penetapan lokasi (penlok) tahap satu dan dua dengan sukses, tanpa hambatan berarti. Satu tahap lagi yang tersisa untuk pintu keluar (exit) di wilayah Lubuk Alung," terang Menteri Hadi, Rabu (21/6/2023).

Menteri ATR/Kepala BPN memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah bersinergi dalam menjalankan proyek pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin. Melihat tingkat kemajuan proyek saat ini, Hadi Tjahjanto mengungkapkan optimisme bahwa tol ini akan segera dapat dioperasikan.

Menteri Hadi menambahkan, dalam tahap berikutnya, Kementerian ATR/BPN menunggu penlok dari pemerintah daerah. Setelah penlok ditetapkan, maka Kementerian ATR/BPN akan segera melakukan proses pengadaan tanah untuk proyek pembangunan jalan tol.

"Kami mendapat dukungan penuh dari gubernur untuk segera mengeluarkan penlok. Begitu penlok dikeluarkan, Kementerian ATR/BPN siap untuk melakukan proses pengadaan tanah. Kami berkomitmen untuk bersama-sama mewujudkan proyek ini. Dengan dukungan dan pengawasan dari Komisi II DPR RI, kerja keras Pemda, dan PUPR yang bekerja siang malam, insyaallah pada Lebaran 2024 proyek ini dapat diselesaikan," ucap Menteri Hadi.

Jalan tol ini diharapkan akan menjadi sarana penghubung yang strategis antara Kota Padang di sisi barat provinsi dan Kabupaten Lima Puluh Kota di batas timur provinsi, yang selanjutnya akan terhubung hingga Kota Pekanbaru, Riau.

Dalam inspeksi ini, Menteri Hadi didampingi oleh Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, dan sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN. Selain itu, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatera Barat, Sri Puspita Dewi, serta anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Barat juga turut hadir. ***

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Pemerintahan, Sumatera Barat, Padang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/