Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
BNPB Identifikasi 15 Orang Meninggal Akibat Banjir Bandang Terjang Agam Sumbar
Peristiwa
4 jam yang lalu
BNPB Identifikasi 15 Orang Meninggal Akibat Banjir Bandang Terjang Agam Sumbar
2
Longsor di Lembah Anai, Jalur Padang - Bukittinggi Putus
Peristiwa
4 jam yang lalu
Longsor di Lembah Anai, Jalur Padang - Bukittinggi Putus
3
Dari 12 Jenazah Korban Banjir Bandang Sumbar di RSAM Bukittinggi, 8 Sudah Teridentifikasi
Peristiwa
4 jam yang lalu
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Politik

Erick Thohir Berpotensi Diusung KIB jadi Cawapres

Erick Thohir Berpotensi Diusung KIB jadi Cawapres
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Istimewa)
Senin, 06 Maret 2023 17:05 WIB

JAKARTA - Pengamat Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Ari Ganjar Herdiansyah mengatakan, potensi Erick Thohir diusung jadi cawapres dari Koalisi Indonesia Baru (KIB) pada Pilpres 2024, terbuka lebar. Terlebih sosoknya yang mudah diterima oleh berbagai kalangan.

"Di KIB saya kira Pak Erick Thohir itu punya peluang karena beliau tokoh dari non parpol," kata Ari melalui keteranganya, Senin (6/3/2023).

Dia mengungkapkan, keterusungan Erick Thohir dalam koalisi yang digawangi Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Golkar ini merespons dengan sangat positif.

Menurut dia sejumlah keunggulan Erick Thohir berhasil memantik perhatian khususnya parpol yang tergabung dalam KIB. Kondisi demikian tentu kian menguatkan peluang Erick Thohir maju cawapres. "Selama (Erick Thohir) bisa meyakinkan atau mendapatkan tiket dari masing-masing,” sambung Ari.

Situasi tersebut, lanjut dia, terus dikuatkan dengan hadirnya fakta kedekatan Erick Thohir dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas. Karena diketahui Zulkifli merupakan sosok penting dalam koalisi tersebut. "Selama ini Pak Erick Thohir dengan PAN juga beliau beberapa kali tampil dengan Pak Zulhas,” tandas Ari.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengusulkan pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir. Hal yang sama juag dilontarkan kubu PPP yang juga bergaung di KIB. Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek bilang, Erick Thohir punya kedekatan emosional dengan partai berlambang Ka'bah. Erick rajin hadir dalam acara PPP.

"Khusus nama pak Erick Tohir memang PPP juga dalam beberapa kesempatan menghadirkan pak Erick Thohir untuk menyapa kader PPP. Ya ada semacam kedekatan emosional," ujar Awiek kepada wartawan, Senin (27/2/2023).

Sementara, Ganjar merupakan salah nama yang rajin diusulkan oleh pengurus PPP di daerah sebagai calon presiden. Namun, belum menjadi keputusan resmi partai. "Ya nama pak Ganjar kan juga disebut di internal PPP dan di beberapa DPW," ujar Awiek.

Menurutnya, peluang memadukan Ganjar dan Erick terbuka. Awiek yakin akan ada kesamaan di internal Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) maupun koalisi lain. "Ya nanti kita padukan. Tentu selain itu ada tokoh-tokoh lain, itu akan kita padukan dan putuskan sesuai mekanisme internal," ujar Awiek.

Diberitakan, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan memberikan pantun khusus kedua sosok yang hadir dalam Workshop Rapat Koordinasi Nasional partai PAN yakni Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:Peristiwa, Pemerintahan, Politik
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/