Home  /  Berita  /  Nasional

Anggota DPR Dukung Pembangunan Infrastruktur Perikanan

Anggota DPR Dukung Pembangunan Infrastruktur Perikanan
Anggota DPR RI Julie Laiskodat saat RPD Komisi IV DPR RI dengan pemerintah di Senayan, Jakarta, Kamis (23/6/2022). (foto: ist./dpr)
Kamis, 23 Juni 2022 14:39 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat dalam rapat bersama pemerintah di Senayan, Jakarta, Kamis (23/6/2022), mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam pembangunan infrastruktur pendukung pengoptimalan potensi ekonomi sumber daya perikanan Indonesia.

"Saya berharap, pengembangan dan pembangunan sarana dan prasarana pelabuhan perikanan sebagai infrastruktur pendukung kebijakan penangkapan ikan terukur dan penerapan pemungutan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) pasca produksi diprioritaskan," kata Julie sebagaimana dikutip GoSumbar.com dari siaran parlemen.

Baca Juga: RUU Narkotika, DPR Ajak Pemerintah juga Beri Perhatian

Baca Juga: Pengamat: PKS dan Nasdem Berpeluang Koalisi Usung Anies-AHY

Legislator Fraksi Partai NasDem itu mengungkapkan, pada data pembagian zona dan sistem kuota yang disajikan KKP nampak bahwa pada Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 718 terdapat potensi sumber daya ikan yang paling besar dengan estimasi 2,6 juta ton. Akan tetapi, sambung Julie, untuk kuota nelayan lokal justru paling kecil yaitu 519 ribu ton. Julie menyayangkan jumlah tersebut sangat kecil jika dibandingkan dengan kuota industri yang sebesar 2 juta ton. Legislator dapil NTT ini, mendorong KKP untuk memperhatikan dan melindungi kepentingan nelayan lokal dalam penetapan sistem kuota.

"Saya mengharapkan kepentingan nelayan lokal terakomodasi dalam kebijakan penangkapan ikan terukur," ujar Julie.

Baca Juga: Anggota DPR Dorong Pemerintah Fokus Bangun Agro Maritim

Baca Juga: Agar Politik Tak Panas, NasDem Berharap Projo Lebih Bisa Menahan Diri

***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Ekonomi, Nasional
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/