Home  /  Berita  /  Pariaman

Pemko Pariaman Gelar Kompetisi Olahraga Siswa Nasional tingkat SD dan SMP

Pemko Pariaman Gelar Kompetisi Olahraga Siswa Nasional tingkat SD dan SMP
Salah seorang siswa yang berhasil masuk pada KOSN tingkat nasional pada tahun lalu menunjukkan seni bela diri silat pada pembukaan KOSN di Pariaman. (antara/aadiaat ms)
Senin, 21 Maret 2022 22:46 WIB
PARIAMAN – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, Sumatera Barat menggelar Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) untuk siswa SD dan SMP sederajat di kota tersebut yang sekaligus menyaring atlet pelajar untuk mengikuti ajang sama ke tingkat provinsi bahkan nasional.

"Upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik, tetapi juga menyangkut aspek non akademik," kata Asisten II Sekretariat Daerah Kota Pariaman Elfis Chandra saat membacakan pidato Wali Kota Pariaman pada pembukaan KOSN di Pariaman, Senin (21/3/2022).

Ia mengatakan penyelenggaraan KOSN merupakan salah satu wadah non akademis siswa yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga guna meningkatkan kondisi kesehatan jasmani siswa serta meningkatkan prestasi di bidang olahraga.

KOSN, lanjutnya juga sebagai bagian dari sistem pembinaan olahraga yang bertujuan untuk menjaring bibit-bibit atlet berbakat untuk dibina dan dikembangkan agar menjadi atlet daerah untuk mengikuti ajang olahraga baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

"Ini merupakan momen yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak karena dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi secara sehat," katanya.

Ia menyampaikan meskipun Pariaman merupakan daerah yang baru terbentuk dan berkembang namun tidak menutup harapan dan peluang untuk dapat berkompetisi dengan daerah lainnya yang sudah dulu maju, dalam meraih prestasi dan predikat yang memuaskan.

"Optimisme disertai ikhtiar yang sungguh-sungguh senantiasa ditumbuhkan demi meraih hasil yang terbaik," ujarnya.

Ia menambahkan kompetisi bukanlah mencari menang atau kalah tetapi yang lebih penting dapat membudidayakan olahraga dan menjunjung tinggi

Semangat Sportivitas

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Salmi Tanjung mengatakan KOSN merupakan perubahan nama dari Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Ia menyebutkan peserta KOSN tersebut sekitar 400 orang dengan cabang olahraga yang dipertandingkan enam untuk tingkat SD dan enam untuk SMP sederajat.

Ia menjelaskan sebelum KOSN tingkat kota dilaksanakan pihak sekolah telah melaksanakan penyaringan untuk tingkat kecamatan dan kecamatan juga melakukan penyaringan untuk tingkat kota.

"Kegiatan sekarang juga menyaring siswa guna mewakili Kota Pariaman untuk KOSN tingkat provinsi. Untuk tahun lalu siswa Pariaman sampai pada tingkat nasional," ujar dia.

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan pada KOSN yang dilaksanakan dari Senin (21/3) sampai Rabu (23/3) tersebut untuk siswa tingkat SD sederajat yakni pencak silat, karate, tenis meja, bulutangkis, atletik, dan sepak bola mini.

Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan untuk siswa tingkat SMP sederajat yaitu pencak silat, karate, tenis meja, bulu tangkis, atletik, dan bola voli.

"Lokasi pelaksanaannya kami bagi lima di Kota Pariaman," tambahnya. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:sumbar.antaranews.com
Kategori:Pendidikan, Sumatera Barat, Pariaman
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/