Home  /  Berita  /  Peristiwa

Viral, Poster Ganjar "Tak Peduli Kata Puan yang Penting Kata Tuhan"

Viral, Poster Ganjar Tak Peduli Kata Puan yang Penting Kata Tuhan
Poster Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Senin, 24 Mei 2021 12:58 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Usai trending RI 1 di linimasa Twitter, Minggu (23/5/2021) malam dengan foto wajah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan embel-embel sebagai Calon Presiden (Capres) 2024, kini mucul poster baru Ganjar Pranowo dengan tulisan tidak peduli Puan Maharani.

Poster Ganjar Pranowo tersebut seperti dilihat GoNews.co, Senin (24/5/2021), berwarna hitam putih dengan tulisan sangat mencolok "Tak Peduli Kata Puan, Yang Penting Kata Tuhan, Ganjar Pranowo 2024".

Poster tersebut muncul usai Gubernur Jawa Tengah itu tidak diundang di acara yang dihadiri Puan Maharani dan berujung tudingan PDIP terhadap ambisi Ganjar menjadi presiden 2024.

Ganjar Pranowo mulai mendapat sorotan setelah dikritik keras dari Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu sekaligus DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto. Dia menyebut bahwa Ganjar berambisi untuk menjadi Calon Presiden pada 2024. Bahkan secara blak-blakan Bambang menyebut bahwa dirinya tidak terlalu menyukai sosok Ganjar.

Pada pertemuan para kepala daerah yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo malah tidak diundang. Sementara itu, Ganjar Pranowo masuk dalam jajaran nama besar lembaga survei untuk calon Presiden 2024.

Berdasarkan hasil survei Puspoll Indonesia pada April 2021 untuk tingkat Popularitas dan Akseptabilitas Capres 2024, Prabowo mendapatkan 93,8 persen responden mengenal dan 79,9 persen suka.

Sementara itu, untuk tingkat kepantasan menjadi Calon Presiden, Prabowo kembali menempati urutan teratas 66,2 persen dan untuk tingkat elektabilitas dari 22 nama yang diuji, elektabilitas Prabowo Subianto tetap tertinggi sampai 20,9 persen.

Sementara itu, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie mengatakan, kecil kemungkinan PDI Perjuangan ( PDIP ) akan mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. "Formula yang sudah diatur sepertinya Prabowo Subianto-Puan Maharani, PDIP koalisi dengan Gerindra ," kata Jerry, Senin, (24/5/2021).

Jerry berpendapat, meski elektabilitas Ganjar berdasarkan hasil survei menempati posisi tertinggi, kecil peluangnya diusung oleh PDIP . Ia menilai, bergabungnya Partai Gerindra ke dalam pemerintahan adalah bagian dari perkawinan politik partai besutan Prabowo itu dengan PDIP yang maharnya mengerucut ke Pilpres 2024.

"Artinya, kalau mau maju capres, Ganjar bukan hanya harus meyakinkan PDIP tetapi juga Gerindra. Sementara di PDIP sendiri paling tidak dia harus bersaing dengan Puan," ujarnya.

Jerry Massie menilai kubu Puan Maharani sedang panik dengan hasil survei terhadap elektabilitas kolega mereka di PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, yang hampir selalu berada di urutan atas sebagai calon presiden 2024. Hal itu dikatakan Jerry setelah mencermati di balik kejadian dengan tidak diundangnya Ganjar dalam acara pengarahan pemilu 2024 yang diselenggarakan DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah yang dihadiri Puan Maharani sebagai ketua PDI Perjuangan.

"Saya nilai ini kepanikan Puan Maharani kepada Ganjar Pranowo. Ini lantaran setiap kali survei, nama Ganjar di atas kertas baik elektabilitas dan popularitas nama Ganjar masih unggul jauh. Sedangkan Puan terseok-seok," kata Jerry.

Dengan tidak mengundang Ganjar ke acara PDI Perjuangan untuk pengarahan pemilu 2024, menurut Jerry, dapat dibaca sebagai pesan bahwa Ganjar tidak mendapat dukungan untuk maju ke pemilu presiden 2024. "Jadi ini upaya menjegal Ganjar maju pilpres 2024," katanya.***

wwwwww