Home  /  Berita  /  Kesehatan

Dibutuhkan Gerakan Masyarakat untuk Meningkatkan Konsistensi Pengendalian Covid-19 di Tanah Air

Dibutuhkan Gerakan Masyarakat untuk Meningkatkan Konsistensi Pengendalian Covid-19 di Tanah Air
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. (Ist)
Minggu, 16 Mei 2021 18:43 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy

JAKARTA - Dibutuhkan upaya dalam bentuk gerakan masyarakat untuk menjaga konsistensi penanggulangan Covid-19 di Tanah Air.

"Peran aktif masyarakat dan para pemangku kepentingan di tingkat RT/RW sangat diharapkan, untuk mencegah potensi penyebaran Covid-19 lewat pendataan warganya di masa arus balik Lebaran," kata Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/5).

Pemerintah memperkirakan ada 1,5 juta pemudik pada masa libur Lebaran tahun ini dan pekan ini diperkirakan para pemudik tersebut kembali ke tempat tinggalnya masing-masing.

Menurut Lestari, upaya penanggulangan Covid-19 saat ini membutuhkan dukungan penuh dalam bentuk gerakan masyarakat yang mampu membangkitkan kesadaran pencegahan penyebaran virus korona di tanah air.

Di sisi lain, menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, para pemangku kepentingan diharapkan konsisten dalam melakukan langkah pencegahan penyebaran virus korona.

Di masa arus balik para pemudik ini, Rerie berharap, para pemangku kepentingan melakukan testing, tracing dan treatments (3T) secara masif terhadap warga yang teridentifikasi melakukan perjalanan antar daerah, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Masyarakat, tambah Rerie, diharapkan mampu bahu membahu dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan di setiap lingkungan tempat tinggalnya untuk melakukan gerakan pencegahan penyebaran Covid-19.

Sikap kehati-hatian setiap lapisan masyarakat dalam bentuk perhatian terhadap tetangga dan lingkungan tempat tinggalnya, menurut anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, sangat membantu dalam upaya pengendalian Covid-19 di tanah air.

Dengan melibatkan masyarakat secara aktif dalam mekanisme penanggulangan Covid-19, menurut Rerie, diharapkan dapat menghasilkan langkah yang konsisten dan terukur dalam pengendalian penyebaran virus korona.

Rerie sangat berharap, pasca-Lebaran terjadi peningkatan kepedulian masyarakat terhadap tetangga dan lingkungan tempat tinggalnya terkait berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di setiap wilayah.

Lewat pengawasan masyarakat di setiap wilayah, Rerie yakin, berbagai upaya pengendalian Covid-19 yang dilakukan para pemangku kepentingan dapat ditingkatkan dan bisa berjalan dengan baik.

Yang tidak kalah penting, tegas Rerie, penerapan disiplin protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan di lingkungan tempat tinggal masing-masing sangat diharapkan dalam upaya peningkatan pengendalian Covid-19 di tanah air. ***

Kategori:Kesehatan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/