Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Guspardi: PAN Siap Masuk Kabinet, Tito Layak Dipertahankan

Guspardi: PAN Siap Masuk Kabinet, Tito Layak Dipertahankan
Mendagri Muhammad Tito dalam suatu kesempatan. (foto: ist./puspen kemendagri)
Jum'at, 23 April 2021 14:43 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi II Fraksi PAN (Partai Amanat Nasional) DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia) Guspardi Gaus mengatakan, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian layak dipertahankan jika Jokowi kembali me-resuffle kabinet.

Guspardi menilai, Tito yang enerjik, lincah dan responsif terbukti sukses memimpin Kementerian urusan dalam negeri itu di tenaga dinamika tekanan pandemi Covid-19. Kesuksesan Pilkada 2020 menjadi salah satu parameter.

"Saya mencatat bagaimana Pak Tito sebagai perwakilan pemerintah, begitu teguh dalam meyakinkan komisi II DPR RI agar pilkada serentak  tetap dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020 di tengah masa pandemi yang masih mengancam," kata Guspardi tertulis, sebagaimana dikutip GoNEWS.co, Jumat (23/4/2021).

Politisi yang akrab disapa GG ini menambahkan, Tito Karnavian merupakan sosok yang mempunyai wawasan luas dan menguasai sistem politik pemerintahan. Rekam jejak Tito mempunyai kemampuan untuk membangun koordinasi antara pusat dan daerah.

"Disamping itu sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, program kolaboratif beberapa kementerian dan lembaga, Kemendagri aktif melaksanakan dan mengawal berbagai program seperti sosialisasi 3M, PSBB, New Normal dan  PPKM. Saat ini program Vaksin untuk masyarakat terus berjalan dan dikawal oleh Pak Mendagri. dengan  meminta masyarakat untuk tak ragu dalam menerima vaksin, apalagi untuk  kelompok prioritas penerima. Program Vaksinasi ini diharapkan mampu memunculkan kekebalan kelompok atau herd immunity," terang Guspardi.

Dari rilis hasil survey yang dilakukan Indonesia Political Opinion (IPO), Kemendagri juga mencatatkan hasil positif. Menyangkut program kerja Kemendagri  berada di ranking kedua dengan 64.8%. Tingkat kepuasan  terhadap kinerja Mendagri menempati urutan no 4. Sementara popularitas sosok menteri, Tito berada di urutan ke dua dibawah Prabowo Subianto.

Sebelumnya, nama Yusril Ihza Mahendra dan Muhammad Zainul Madji alias Tuan Guru Bajang (TGB) dikabarkan bakal masuk ke jajaran kabinet. Pengamat politik memprediksi TGB akan cocok jika menjadi Mendagri.

Sementara itu, kabar bahwa PAN akan masuk ke kabinet dalam resuffle kali ini juga pernah mengemuka. Terkait hal ini, Guspardi pada Selasa lalu mengatakan, "Partainya memiliki banyak kader terbaik jika diminta bergabung dalam kabinet Jokowi. Kita siap berkonstribusi bagi bangsa dan negara apapun pos yang diamanatkan nantinya,".***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Nasional, Politik, Pemerintahan
wwwwww