Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Indonesia Luas, Kemendagri Gelar Acara Dukcapil Mendengar

Indonesia Luas, Kemendagri Gelar Acara Dukcapil Mendengar
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah dalam acara Dukcapil Mendengar yang digelar secara virtual, Jumat (23/4/2021). (foto: ist./tim media dukcapil/rio)
Jum'at, 23 April 2021 15:25 WIB
JAKARTA - Ditjen Dukcapil Kemendagri (Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri) menggelar acara Dukcapil Mendengar. 1000 orang hadir sebagai peserta acara yang merupakan upaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan Adminduk (administrasi kependudukan) di seluruh Indonesia itu.

"Kami ingin memperbaiki kualitas layanan Adminduk karena kami memahami Indonesia sangat luas, spektrumnya banyak sekali," kata Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh saat membuka acara yang berlangsung virtual, Jumat (23/4/2021).

Zudan memaparkan, luasnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), diwarnai keberagaman dalam layanan Adminduknya menjadikan munculnya ketimpangan dalam memberikan layanan publik. "Ada Dinas Dukcapil yang memiliki layanan yang maju karena ditopang dengan fasilitas teknologi dan jaringan yang baik, ada pula Dinas Dukcapil yang memilki layanan yang kurang maksimal,".

"Kami ingin hal-hal yang kurang ini, bisa kita jembatani dengan semangat, dengan kekompakan, dengan saling tolong-menolong dan saling belajar terus menerus, karena kami ingin semua inovasi semua yang kita lakukan itu hanya bertujuan untuk bagaimana membuat rakyat itu senang, rakyat itu berbahagia," kata Zudan.

Dengan demikian, layanan Adminduk yang prima, diharapkan mampu memberikan kepuasan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya dalam mendapatkan layanan publik yang mudah. "Jadi pelayanan adminduk itu sebenarnya hanyalah transformasi untuk mewujudkan bagaimana masyarakat kita itu senang, berbahagia mendapatkan banyak kemudahan," tandasnya.

Lewat acara Dukcapil Mendengar, diharapkan jajaran Dinas Dukcapil dan peserta yang mengikuti, dapat menyimak, mengkaji, mempelajari, apa yang para narasumber beberkan dalam rangka memberikan banyak masukan, demi layanan Adminduk yang semakin baik. Adapun acara ini diisi oleh sejumlah narasumber, yakni Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih; Peneliti LIPI, Siti Zuhro; Tenaga Ahli Bidang Inovasi dan Manajemen Citra Institusi, Fariza Y. Irawady. ***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Sumber:Rilis
Kategori:Nasional, Pemerintahan
wwwwww