Home  /  Berita  /  Umum

Membludak! Ribuan Jamaah Haul Syekh Abdul Qodir Al Jaelani Padati Ponpes Al Istiqlaliyah

Membludak! Ribuan Jamaah Haul Syekh Abdul Qodir Al Jaelani Padati Ponpes Al Istiqlaliyah
Ribuan jamaah padati Pondok Pesantren Al Istiqlaliyah. (Foto: Istimewa)
Senin, 30 November 2020 13:10 WIB
TANGERANG - Ribuan jamaah Haul Tuan Guru Syekh Abdul Qodir Al Jaelani ke-62 memadati kawasan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Istiqlaliyah Kampung Cilongok Desa Sukamantri Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, Minggu (29/11/2020).

Jamaah yang hadir dari berbagai wilayah baik luar maupun dalam Kabupaten Tangerang, di luar prediksi atau batasan yang ditargetkan pelaksana dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Tangerang sebanyak 1.500 jamaah, justru tampak membludak.

Salah satu jamaah Haul Syekh Abdul Qodir Al Jailani asal Kecamatan Solear Sukadi mengatakan, alasan dirinya datang selain sebagai ajang silaturahmi antarsesama umat Islam, juga untuk acara rutinitas tahunan ini sering dia mengikuti tiap tahunnya.

"Ajang silaturahmi tahunan dan untuk meningkatkan ukhwah Islamiyah, disampin itu bisa juga menjadi wisata religi," ungkap Sukadi di sela acara.

Namun yang paling penting, lanjut dia, adalah sebagai salah satu ritual ibadah sunah terhadap Tuan Guru Syekh Abdul Qodir Al Jaelani dengan harapan mendapatkan ridho Allah SWT melalui karomahnya.

“Melalui zikir dan doa bersama, jamaah mengharapkan ridho Allah SWT dan karomah serta kebarokahan dari Tuan Guru Syekh Abdul Qodir Al Jaelani dalam kehidupan kita dunia akhirat,” harapnya.

Sementara Dadi Robani Solihin asal Ciamis Jawa Barat menilai bahwa Haul Syekh Abdul Qodir Al Jaelani dimaknai untuk mengenang sekaligus meneladani kehidupan beliau yang banyak keteladanan dalam menyebarkan agama islam dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keberadaban.

"Tujuannya untuk mendoakan keberkahan serta memetik teladan dengan mengenang jasa dan hasil perjuangan para syekh maupun para alim ulama yang telah berdakwah mengajarkan tuntunan syariat dan aqidah akhlak," ujar Dadi Sabtu sore di sekitar lokasi ponpes.

Lalu, rinci Dadi, sebagai pedoman atau bekal bagi umat islam dalam menghadapi kehidupan dunia maupun di akhirat kelak. Selain itu, lanjut pria asal Ciamis ini, Haul Syekh Abdul Qodir Al Jaelani bagi kehidupan sosial keagamaan sangat banyak.

Di antaranya dari sisi sosial, menjalin interaksi yang baik antar masyarakat, baik masyarakat setempat maupun masyarakat luar, meningkatkan solidaritas masyarakat, menjaga silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan.

"Menjadi motivasi untuk meneladani perilaku atau sikap yang baik dari Syekh Abdul Qodir Al-Jailani, menambah ilmu pengetahuan ataupun ilmu agama serta mengingatkan kita kepada kematian," pungkas Dadi Robani Solihin.***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:ITODAY.COM
Kategori:Peristiwa, Umum
wwwwww