Home  /  Berita  /  GoNews Group

Pemprov Sumut Pastikan Pembangun Venus PON XXI Berorientasi Masa Depan

Pemprov Sumut Pastikan Pembangun Venus PON XXI Berorientasi Masa Depan
Sekdaprov Sumut, Dr. Ir. Hj. Sabrina, MSi.
Kamis, 19 November 2020 18:58 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut), Dr. Ir. Hj. Sabrina, MSi mewakili Gubernur Sumut dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Aceh, Dedy Yuswadi AP yang mewakili Gubernur Aceh menyampaikan ucapan terima kasih atas dikeluarkanya Surat Keputusan (SK) Penetapan  Tuan Rumah Pekan Olahraga Nasionla  (PON) XXI tahun 2025 di Sumut dan Aceh melalui Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020.  

"Pemprov Sumut mengucapkan terimakasih kepada Menpora atas terbitnya PP Nomor 17 Tahun 2020 yang menunjuk Sumut dan Aceh sebagai tuan rumah bersama PON XXI/2025," kata Sabrina yang ditemui usai acara penyerahan SK Tuan Rumah Bersama PON XXI di Wisma Kemenpora Jakarta, Kamis (19/11/2020). 

Untuk mensukseskan pelaksanaan PON XXI itu, kata Sabrina, Pemprov Sumut telah jauh hari melakukan persiapan."Pemprov Sumut  telah menyiapkan lahan seluas 300 hektar untuk.membangun kawasan olahraga Sumatera Utara. Prosesnya telah diselesaikan, termasuk juga blueprint serta desainnya," jelasnya.

"Insya Allah saat dikerjakan nanti pada 2023 telah siap semua. Pembangungan seluruh venus akan diselesaikan sesuai dengan target," tambahnya.

Kepada Menpora Zainudin Amali, Sabrina juga menegaskan, belajar dari pengalaman provinsi-provinsi lain, pembangunan venus untuk PON XXI di Sumut berorientasi pada kepentingan masa depan. "Pasca  pelaksanaan PON venus tersebut nantinya bisa tetap dimanfaatkan dan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat maupun bagi pemerintah provinsi, seperti sarana rumah sakit maupun kepentingan sarana umum lainnya," jelasnya.

Pihaknya juga meminta dukungan dan pendampingan secara teknis, dalam proses pembangunannya nanti, baik kepada KONI Pusat maupun Kemenpora.

Bersama Menpora Zainudin Amali dan pengurus KONI Sumut. (dok. KOI)

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Aceh, Dedy Yuswadi AP,  juga mengucapkan terimasih dan melaporkan kalau Aceh telah siap menjadi tuan rumah bersama PON XXI.

Dia mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 110 hektar untuk pembangunan venus untuk PON XXI. Bahkan, katanya, sudah disiapkan juga tambahan lahan seluas 60 hektar untuk kepentingan tersebut.

"Kami siap membangun venus untuk PON XXI, dengan adanya SK ini, kami semakin mantap untuk segera melakukan pembangunan sebagaima yang telah kami siapkan jauh-jaih hari" ujar Dedy.

Dedy juga menambahkan rakyat Aceh, sudah tidak sabar lagi untuk menjadi tuan rumah PON XXI. Dengan diserahkannya SK  Penetapan  Tuan Rumah Bersama itu, katanya, semakin memotivasi Pemprov Aceh, untuk segera melakukan pembangunan venus PON XXI, sehingga pelaksanaannya nanti selesai sesuai yang dijadwalkan. ***

wwwwww