Home  /  Berita  /  GoNews Group

PB WI Buktikan Komitmen Bangun Prestasi Kungfu Tradisional

PB WI Buktikan Komitmen Bangun Prestasi Kungfu Tradisional
Ketua Pengprov WI DKI Jakarta, Gunawan Tjokro bersama Ketua KONI DKI Jakarta, Djamhuron foto bersama dengan peserta.
Minggu, 15 November 2020 13:15 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) buktikan komitmen untuk meningkatkan prestasi kungfu tradisional termasuk Wing Chun. Hal ini dibuktikan dengan adanya Penataran Pelatih Kungfu-Wushu Tradisional yang digelar di Gedung KONI DKI Jakarta, 14-15 November 2020.

Sebanyak 30 perguruan kungfu tradisional termasuk Wing Chun di DKI Jakarta mengikuti penataran yang digelar Pengprov WI DKI Jakarta dan dibuka secara resmi Ketua KONI DKI Jakarta, Djamhuron P Wibowo, Sabtu (14/11/2020) malam. Hadir dalam acara itu, Plt Ketua Pengprov WI DKI Jakarta, Gunawan Tjokro, Wakil Ketua Umum II PB WI, Bambang Supriyanto, dan Sekjen PB WI Ngatino.

"Penataran Pelatih Kungfu-Wushu Tradisional ini sebagai bentuk komitmen PB WI dalam meningkatkan prestasi kungfu tradisional yang ada. Jangan lagi termakan isu di medsos. Wing Chun itu adalah bagian yang tak bisa terpisahkan dari wushu. Semua sudah dijelaskan Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto dengan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman pada pertemuan beberapa waktu lalu," kata Gunawan Tjokro.

"Kebetulan di sini Wakil Ketua Umum II PB WI yang membawahi Kungfu Tradisional. Semoga langkah Pengprov WI DKI Jakarta menggelar penataran ini bisa diikuti Pengprov WI lainnya," tambah Wakil Bendahara PB WI ini.

Penataran Pelatih Kungfu-Wushu Tradisional ini, kata Gunawan Tjokro, sebagai langkah awal untuk membangun prestasi kungfu tradisional. Ke depan, tambahnya, tdak tertutup kemungkinan mendatangkan pelatih asal China dalam rangka meningkatkan prestasi atlet kungfu tradisional Indonesia agar bisa membawa nama harum bangsa dan negara di event tingkat internasional.

Pada Virtual Wushu Championships 2020 Seri 2 yang digelar bersamaan dengan International Virtual Wushu Championships 2020 yang rencananya digelar 1-10 Desembe 2020, kungfu tradisional akan dipertandingkan.

"Potensi kungfu tradisional cukup besar untuk bisa merih prestasi di tingkat internasional. Makanya, PB WI akan memasukkan kungfu tradisional untuk dipertandingkan pada Virtul Wushu Championships 2020 nanti," kata Gunawan Tjokro.

Peserta Penataran Pelatih Kungfu-Wushu Tradisional.

Shifu Ario Bondan yang menjadi salah satu penatar Wing Chun mengaku senang dengan komitmen PB WI menggelar penataran pelatih kungfu-wushu tradisional. Begitu juga dengan dipertandingkan kungfu tradisional termsuk Wing Chun pada Virtual Wushu Championships 2020 Seri 2. "Salut dengan PB WI yang sudah memberikan tempat kepada Wing Chun pada Virtual Wushu Championships 2020. Kegiatan penataran ini akan memicu pelatih Wing Chun yang ada di DKI Jakarta untuk mencetak atlet berkualitas yang mampu meraih prestasi di ajang internasional," katanya.

Hal senada juga dilontarkan Shifu Ming Yeoh. "Kami senang Wing Chun mendapat perhatian dari PB WI dan juga dipertandingkan pada Virtual Wushu Championships 2020," timpalnya.

Acara pembukaan menampilkan atlet wushu dar Sasana Rajawali Sakti pluit Jakarta yang dipimpin Herman Wijaya yang juga Ketua Harian Pengprov WI DKI Jakarta. Selain itu juga penampilan kungfu tradisional Wing Chun dan Lo Banteng.  ***

wwwwww