Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Jordi, Elkan dan Yance Absen di Laga Lawan Vietnam
Olahraga
19 jam yang lalu
Jordi, Elkan dan Yance Absen di Laga Lawan Vietnam
2
Hadiah Ramadan Milo Untuk Suporter Persis Solo
Olahraga
19 jam yang lalu
Hadiah Ramadan Milo Untuk Suporter Persis Solo
3
Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Road Race Championship 2025
Olahraga
19 jam yang lalu
Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Road Race Championship 2025
4
PSIS Tetap Optimistis Ke Championship Series
Olahraga
19 jam yang lalu
PSIS Tetap Optimistis Ke Championship Series
5
PERBASI Gelar Seleknas untuk Bentuk Timnas Basket 5on5 Putri U-18 di Bali
Olahraga
18 jam yang lalu
PERBASI Gelar Seleknas untuk Bentuk Timnas Basket 5on5 Putri U-18 di Bali
6
Timnas Indonesia Butuh Dukungan Penuh Suporter
Olahraga
18 jam yang lalu
Timnas Indonesia Butuh Dukungan Penuh Suporter
Home  /  Berita  /  Politik

Dapat Marga Sitepu, LaNyalla Sampaikan Empati ke Petani Karo

Dapat Marga Sitepu, LaNyalla Sampaikan Empati ke Petani Karo
LaNyalla saat menerima gelar marga Sitepu. (Istimewa)
Jum'at, 18 September 2020 12:41 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
KABANJAHE - Kunjungan kerja hari ketiga ke Kabupaten Karo, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendapat gelar marga Sitepu dari tokoh adat Karo, Malem Ukur Ginting. Pemberian marga tersebut dilakukan di aula kantor Bupati Karo, di Kabanjahe, Karo, Kamis (17/9/2020).

"Sejak hari ini, Bapak resmi bernama AA LaNyalla Mahmud Mattalitti Sitepu. Sekaligus menjadi saudara dari Senator kami, Ibu Badikenita Sitepu. Dan Bapak juga sekaligus sudah menjadi warga Karo," ujar Malem, seraya memakaikan baju adat khas Karo dengan disaksikan Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Dalam sambutannya, LaNyalla menyampaikan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada masyarakat Karo, atas pemberian marga Sitepu kepada dirinya. "Saya berterima kasih telah mendapat saudara baru di Kabupaten Karo. Sepertinya saya harus lebih sering ke sini," tukasnya.

LaNyalla juga menyampaikan rasa empati kepada pemerintah kabupaten dan masyarakat Karo, yang terkena dua musibah sekaligus. Yakni pandemi Covid-19 dan dampak erupsi Gunung Sinabung, yang hingga saat ini masih berada di siaga level III.

"Kami sangat bisa merasakan, terutama apa yang dirasakan para petani yang lahan dan kebunnya terdampak erupsi dan terpapar debu vulkanik Gunung Sinabung. Seperti yang dialami para petani dari 6 Kecamatan di Karo, beberapa waktu lalu. Akibatnya 7 ribu hektare lahan hortikultura rusak, dengan kerugian mencapai Rp. 170 milyar," ungkap LaNyalla.

Ditambahkan, dampak pandemi Covid-19 yang melambatkan ekonomi dan daya beli masyarakat juga menghantam para petani jeruk Karo. Karena pada musim panen kali ini, harga jual turun drastis. "Kiranya Pemkab Karo dapat mencari jalan keluar dengan membuka pasar baru, selain pasar yang sudah eksisting dan melemah saat ini," harap LaNyalla.

Dalam kunjungan kerja di Karo, DPD RI juga meneruskan sejumah bantuan dari BNPB dan Kementerian Kesehatan RI. Dengan rincian dari BNPB terdiri atas; 4.000 pcs Masker dan 40 dirigen Hand Sanitizer. Sedangkan dari Kemenkes terdiri atas; 1.000 pcs Masker, 1.000 pcs alat Rapid Test dan 400 set baju Hazmat.

Sementara itu, Senator asal Karo, Badikanita Sitepu dalam paparannya meminta dukungan Ketua DPD RI dan Senator di Komite III, agar nilai-nlai kearifan lokal di Kabupaten Karo mendapat perhatian. "Saya minta dukungan kepada turang (abang, red) aku, karena sudah Sitepu kan," tandasnya sontak mendapat aplaus dari tamu undangan.

Usai dari kantor Pemkab Karo, LaNyalla dengan didampingi Ketua PMI Sumut dan Bupati Karo bertolak menuju Desa Sukatepu, Kecamatan Taman Neran, Karo, untuk menghadiri peringatan hari lahir Palang Merah Indonesia ke-75, yang digelar PMI Sumut.

Selain menyerahkan sejumlah bantuan APD untuk penanganan Covid-19, LaNyalla dan Ketua PMI Sumut serta Bupati Karo juga melakukan penanaman pohon di desa yang berada di lereng Gunung Sinabung tersebut.

Sehari sebelum ke Karo, LaNyalla bersama rombongan menyempatkan diri bersilaturahim dengan Tuan Zikmal Fuad di Babussalam, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Kedatangan LaNyalla dan rombongan dimaksudkan untuk meminta doa dari Tuan Guru Babussalam ke-12 tersebut.

Di Langkat, Ketua DPD RI juga mengunjungi Sekolah Polisi Nasional (SPN) Polda Sumatera Utara di Hinai. Di SPN terbesar di Indonesia itu, LaNyalla dan rombongan memberikan sumbangan dana Rp. 250 juta untuk penyelesaian pembangunan masjid Al Fathonah di SPN Hinai.

"Jangan dilihat nilainya, tapi semoga bermanfaat untuk mempercepat penyelesaian pembangunan masjid ini," ungkapnya.

Bantuan uang tersebut terdiri dari Rp.100 juta dari LaNyalla, Rp.100 juta dari tokoh Sumut Rahmat Shah dan Rp.50 juta dari wakil ketua DPD RI Sultan Baktiar Najamudin. Selain menyerahkan bantuan, LaNyalla bersama Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Martuani Sormin dan Wakil Bupati Langkat Syah Afandin, juga melakukan penanaman pohon dan pelepasan benih ikan di komplek SPN Hinai.***

wwwwww