Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Otong Tewas Usai Ditangkap dan Kepalanya Dibungkus Lakban, Polisi Sebut Karena Sesak Napas
Peristiwa
15 jam yang lalu
Otong Tewas Usai Ditangkap dan Kepalanya Dibungkus Lakban, Polisi Sebut Karena Sesak Napas
2
Viral Pedagang Nangis Dilarang Jualan Usai Tegur 'Istri Wakapolda'
Peristiwa
14 jam yang lalu
Viral Pedagang Nangis Dilarang Jualan Usai Tegur Istri Wakapolda
3
Otong Tewas Diduga Disiksa Polisi, Jokowi dan DPR Didesak Revisi KUHAP
Hukum
15 jam yang lalu
Otong Tewas Diduga Disiksa Polisi, Jokowi dan DPR Didesak Revisi KUHAP
4
Tito Karnavian: Air Wudhu Tidak Membunuh Virus Corona
Kesehatan
14 jam yang lalu
Tito Karnavian: Air Wudhu Tidak Membunuh Virus Corona
5
Berharap Anak Masuk Akpol, Anggota Polisi Tertipu Rp1,35 Miliar, Pelakunya Tersangka Korupsi Rp5,9 Miliar
Hukum
19 jam yang lalu
Berharap Anak Masuk Akpol, Anggota Polisi Tertipu Rp1,35 Miliar, Pelakunya Tersangka Korupsi Rp5,9 Miliar
6
Akibat Pandemi, Ratusan Mama Muda Bakal jadi Janda Baru
Peristiwa
14 jam yang lalu
Akibat Pandemi, Ratusan Mama Muda Bakal jadi Janda Baru
Loading...
Home  /   Berita  /   GoNews Group

Marciano: Kita Semua Kehilangan Pak Bob Hasan

Marciano: Kita Semua Kehilangan Pak Bob Hasan
Selasa, 31 Maret 2020 16:55 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman ikut berduka cita atas meninggalnya Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Mohamad “Bob” Hasan, Selasa (31/3/2020). Dia menyebut Bob Hasan memiliki dedikasi dan semangat luar biasa membina atletik Indonesia.

“Saya selaku Ketum KONI Pusat atas nama KONI Provinsi dan cabang olahraga mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya Bapak Bob Hasan. Almarhum adalah Tokoh Olahraga Nasional yang memiliki Dedikasi dan Semangat luar biasa membina Atletik Indonesia dengan sabar mencurahkan tenaga, pikiran, dana dan perhatiannya untuk membina dan meningkatkan prestasi Atletik Indonesia,” tulis Marciano Norman menjawab pertanyaan wartawan melalui WhatsApp dalam menanggapi meninggalnya Bob Hasan.

Lebih lanjut Marciano Norman menyatakan, Bob Hasan bercita-cita mengantarkan atlet Indonesia seperti Lalu Muhamad Zohri menjadi juara olimpiade pada waktunya. Juga atlet-atlet lainnya yang meraih prestasi baik selama ini di SEA Games.

Warisan terakhir prestasi Bob Hasan dalam mengibarkan Merah Putih tertorehkan pada SEA Games Filipina akhir 2019 dengan keberhasilan meraih lima emas, enam perak, dan lima perunggu.

Lima medali emas diraih dari nomor lompat jauh putra dan putri oleh Sapwaturrahman dan Maria Natalia Londa, lari gawang 100 meter putri melalui Emilia Nova, nomor maraton oleh Agus Prayogo, dan di nomor jalan cepat 20 kilometer oleh Hendro Yap .

“Kita semua kehilangan Pak Bob Hasan, semoga almarhum husnul khatimah dan pengurus serta atlet PASI dapat mewujudkan cita-cita almarhum dengan menata organisasi dan program pembinaan yang baik untuk mengantar atlit PASI meraih prestasi dunia,” kata Marciano.

Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) itu bertekad untuk melanjutkan perjuangan Bob Hasan dalam meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. “Selamat Jalan Pak Bob Hasan, kami akan lanjutkan perjuanganmu dalam peningkatan prestasi olahraga Indonesia.”

Bob Hasan meninggal dunia, Selasa (31/3/2020) pukul 11.00 WIB. Dunia olahraga Indonesia pun berduka dan kehilangan tokoh yang mengabdikan hidupnya hingga berpulang di olahraga, khusunya atletik. Pria yang akrab dipanggil Bob Hasan itu sampai saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI).

Selasa, sekitar pukul 11.48 WIB, melalui WhatsApp, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Dodie Gambiro mengabarkan berita duka cita. “Innalillahi Wa Inna illaihi Rojiun. Telah kembali ke rahmatullah Bapak. Bob Hasan pada jam 11.00 siang di RSPAD. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT. Aamiin...,” tulis Dodie.

Kepergian Bob Hasan tidak ada kaitannya dengan serangan wabah virus Corona (Covid-19) yang kini melanda Indonesia dan dunia. Dia berpulang setelah dalam tiga bulan terakhir menjalani perawatan secara intensif di RSPAD Gatot Subroto akibat penyakit kanker. Menurut rencanan, jenazah almarhum akan dibawa ke Semarang pada Rabu dan dikebumikan di Makam Keluarga di Ungaran.

Sekretaris Menteri Pemuda Dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto memastikan Bob Hasan meninggal dunia bukan karena virus corona. "Betul, baru saja saya call (telepon) Pak Tigor (Tanjung, Sekjen PB PASI). Menurut rencana akan dimakamkan di Ungaran Jawa Tengah. Tidak ada kaitannya dengan Corona," kata Gatot seperti dilansir CNN Indonesia.

Tak pelak lagi dunia olahraga Indonesia berduka. Pasalnya, Bob Hasan bukan saja membina di atletik yang diantaranya berhasil melahirkan sprinter muda tercepat nasional Lalu Muhammad Zohri.

Pria kelahiran Semarang, 24 Februari 1931, sebelumnya juga pernah menjabat ketua umum induk organisasi cabor senam (PB Persani), angkat besi (PB PABBSI) dan catur (PB Percasi). Selain itu, dia pernah menduduki posisi Wakil Ketum KONI Pusat pada era Ketua Umum Surono.

Bob Hasan juga berkibar di olahraga Asia dan dunia. Dia dipercaya memimpin Asosiasi Atletik Asia (AAA). Kemudian menjadi Anggota Kehormatan IOC (Komite Olimpiade Internasional). ***

Kategori : GoNews Group, Olahraga

Loading...
www www