Loading...

Bahasa China Segera Masuk ke Materi Pendidikan di Arab Saudi

Bahasa China Segera Masuk ke Materi Pendidikan di Arab Saudi
Ilustrasi: Ist.
Rabu, 22 Januari 2020 16:50 WIB
JAKARTA - Kerajaan Arab Saudi akan memasukkan bahasa China atau bahasa Mandarin sebagai bahasa ketiga yang diajarkan di setiap sekolah dan universitas.

Berbagai sumber menyebut, pengajaran bahasa Mandarin ini sebagai upaya meningkatkan persahabatan dan kerjasama antara Riyadh dan Beijing.

Sindonews.com melansir, masuknya bahasa China ke kurikulum pendidikan di Arab Saudi ini adalah hasil langsung dari kunjungan Putra Mahkota Mohammad bin Salman ke Beijing Februari 2019 lalu, dimana ia menandatangani sejumlah perjanjian dan nota kesepahaman di bidang energi, investasi, transportasi dan teknologi, yang kesemuanya diharapkan membawa hubungan bilateral ke level yang lebih tinggi.

China dilaporkan akan mendanai sebagian dari program bahasa, yang diperkirakan akan membuka pintu bagi warga negara Arab Saudi untuk mengisi sekitar 50.000 pekerjaan.

Anggota Dewan Direksi Masyarakat Saudi untuk Ilmu Politik, Suliman al-Ogaily, mengatakan kepada The Media Line bahwa langkah itu bagian dari kebijakan keterbukaan baru dalam mendukung program Saudi Vision 2030, sebuah rencana yang bertujuan untuk mendiversifikasi sumber-sumber pendapatan nasional dan restrukturisasi ekonomi dari minyak.

“Ini adalah keputusan yang bertujuan mempromosikan keanekaragaman budaya dan memperluas konsep pendidikan untuk mencapai tingkat interaksi dengan kekuatan ekonomi China yang melampaui impor dan ekspor, hingga investasi bersama serta pariwisata China," kata Ogaily di The Jerusalem Post, dikutip GoNews.co dari Jakarta Rabu (22/1/2020).***

Editor : Muhammad Dzulfiqar
Kategori : GoNews Group, Pendidikan

Loading...
www www