Peringati HUT RI, Nagari IV Koto Pulau Punjung Gelar Panjat Pinang Miring

Peringati HUT RI, Nagari IV Koto Pulau Punjung Gelar Panjat Pinang Miring
Wali Nagari IV Koto Pulau Punjung, David Ikhsan.
Sabtu, 17 Agustus 2019 20:54 WIB
Penulis: Eko Pangestu
DHARMASRAYA - Memeriahkan Hari Kemeredekaan Indonesia yang ke-74 tahun 2019, Karang Taruna dan Pemerintah Nagari IV Koto Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar bermacam kegiatan dan perlombaan.

Perlombaan yang digelar di antaranya panjat pinang miring  yang diadakan di tepian Sungai Batang Hari, lomba makan kerupuk dan pacu karung pakai helm. Kegiatan yang digelar, Sabtu (17/08/2019) tersebut cukup semarak dan meriah.

Wali Nagari IV Koto Pulau Punjung, David Ikhsan mengatakan, dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indosnesia yang ke-74 ini, pemerintah nagari bersama Karang Taruna dan mahasiswa yang KKN di daerah IV Koto Pulau Punjung mengadakan berbagai kegiatan.

"Pada pagi tadi kita mengadakan upacara penaikan  bendera Merah Putih di halaman Pasar Lama Pulau Punjung. Pasar Lama Pulau Punjung ini adalah pusat pasar tradisonal yang jaya pada masanya di zaman dulunya," kata David.

"Dalam memeriahkan hari kemerdekaan ini kami juga menggela perlombaan panjat pinang miring, yang berlokasi di pinggiran Sungai Batang Hari. Para peserta melakukan panjat pinang dengan posisi kemiringan batang pinang 60 derajat. Bila para peserta tidak berhasil melintasi batang pinang miring yang dilumasi gomok akan jatuh ke sungai. Mereka yang berhasil menuju puncak batang pinang, akan mendapat hadiah dan bonus," jelas David.

Kegiatan lain yang dilaksanakan adalah makan kerupuk dan pertandingan pacu karung menggunakan helm sambil jongkok.

"Kami rutin mengadakan kegiatan ini tiap tahunnya untuk menjalin persatuan serta silaturrahmi sesama warga di Nagari IV Koto Pulau Punjung," ucapnya. (ep)


Loading...
www www