Home  /  Berita  /  GoNews Group

Indonesia-Vietnam Memanas? Ini Sikap Menteri KKP dan DPR RI

Indonesia-Vietnam Memanas? Ini Sikap Menteri KKP dan DPR RI
Rabu, 01 Mei 2019 00:02 WIB
Penulis: Muhammad Dzulfiqar
JAKARTA - Hubungan antara Indonesia dan Vietnam disebut memanas setelah kapal berbendera Vietnam menabrakkan diri ke KRI Tjiptadi-381. Penangkapan kapal Vietnam BD 979 yang sedang melakukan penangkapan ikan secara ilegal oleh TNI AL, diduga menjadi pemicu.

Menyikapi situasi itu, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti menegaskan, kapal ikan Vietnam yang ditangkap armada Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) di Laut Natuna Utara pada Sabtu (26/4/2019) lalu, telah melanggar wilayah laut Indonesia.

"Itu wilayah (laut) kita tapi mereka masih dispute, menganggap itu landas kontinen. Kalau landas kontinen, permukaan lautnya adalah wilayah kita," kata Susi dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/04/2019).

"Kalau memang belum ada kesepakatan, harusnya tidak ada kegiatan (penangkapan ikan oleh Vietnam) di situ," tegasnya.

Di tempat terpisah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Bambang Soesatyo mengungkapkan, Senayan mendorong KKP RI untuk segera mengeluarkan nota dinas kepada Kementerian Luar Negeri Vietnam melalui Kedutaan Negara Vietnam di Jakarta.

Menteri Susi, kata Bambang, juga tepat untuk segera "melayangkan surat protes melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang berada di Vietnam,".

Untuk meningkatkan pengawasan di titik-titik rawan pencurian ikan dengan patroli air dan udara, KKP RI juga diminta untuk menguatkan koordinasi dengan TNI AL, TNI AU dan Polair.

Terhadal kapal KIA Vietnam BD 979 yang sudah ditangkap, menurut Bamsoet, KKP RI mesti berani, "memproses hukumm sesuai dengan hukum positif yang berlaku,".***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Politik
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/