Home > Berita > Agam

SMA Negeri 1 Banuhampu Agam Kembali Wakili Sumbar dalam Lomba LCC Empat Pilar di Senayan

SMA Negeri 1 Banuhampu Agam Kembali Wakili Sumbar dalam Lomba LCC Empat Pilar di Senayan
Dua belas orang siswa SMA Negeri 1 Banuhampu, Agam dan guru pendamping yang akan mewakili Provinsi Sumbar berlaga di Senayan pada 8 Agustus 2019 mendatang.
Senin, 22 April 2019 12:00 WIB
Penulis: Jontra
AGAM - Untuk ketiga kalinya, SMA Negeri 1 Banuhampu, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam kembali tampil sebagai juara pertama dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019, dengan meraih nilai 213. Keberhasilan lolos dan bertarung ke tingkat nasional yang akan berlangsung di Gedung MPR/DPR Senayan Jakarta ini diraih SMA Negeri 1 Banuhampu setelah di babak final yang berlangsung pada 18-21 April 2019, di Aula Rocky Hotel, Padang menyisihkan dua finalis lainnya, yakni SMA Negeri 1 Bukittinggi yang meraih nilai 191 dan SMA Negeri 1 Pasaman Barat dengan nilai 170.

Pelatih tim SMA Negeri 1 Banuhampu, Irwan Aswandi, M.Pd yang akrab disapa Wan Batak ini menyebutkan pada gosumbar Senin, 22 April 2019, LCC Empat Pilar merupakan program Sekretaris Jenderal MPR-RI yang dilaksanakan setiap tahun, dimana dengan adanya kegiatan ini membuat siswa jenjang pendidikan SLTA khususnya di Sumbar, diharapkan memiliki nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara dalam menempuh kehidupan kedepannya. Karena, jika mengacu pada kondisi situasional yang terjadi saat ini, sebuah keniscayaan nilai-nilai yang termaktub dalam ideologi bangsa ini mesti terus dijaga dan dilestarikan serta dikembangkan, terutama kepada generasi muda, sehingga betul-betul menjadi generasi muda yang Pancasilais, ucapnya.

Dikatakan juga oleh Irwan Aswandi, dalam perlombaan di Padang kemarin, para siswa SMA Negeri 1 Banuhampu mampu tampil sebagai yang terbaik dari sekolah lainnya. Ketenangan dan akurasi siswa dalam menjawab soal- soal yang diajukan oleh para dewan juri dalam perlombaan untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat ini, menjadi kunci utama kemenangan para siswa kami ini, terangnya.

Sementara itu segmen yang diperlombakan antara lain, pertanyaan benar salah, satu lawan satu dan topik kasus."Khusus untuk segmen topik kasus, kita akan mempertajam kemampuan para siswa jelang lomba dilangsungkan di Senayan Jakarta nanti," terangnya.

Jika mencermati peta kekuatan kompetitor di tingkat nasional saat ini, menurut Irwan Aswandi, kompetitor terberat bagi kita saat ini adalah tim yang berasal dari Provinsi Kalimantan Timur dan Sulawesi Barat, mereka sangat cepat dan tenang dalam menjawab setiap pertanyaan dari para dewan juri di tingkat nasional dalam setiap perlombaan, tuturnya.

Kita menargetkan pada perlombaan kali ini tidak hanya sebatas masuk final saja, namun sampai kepada tahap grand final dan meraih juara, ucapnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Hubungan Masyarakat SMA Negeri 1 Banuhampu, Mukhlis, M.Pd juga menuturkan, pihak sekolah sangat mensuport para siswa nya dalam perlombaan bergengsi tahunan ini. Untuk mewujudkan hal itu, kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengikuti perlombaan ini sejak setahun yang lalu, terangnya.

Dikatakan juga oleh Mukhlis, dengan tampilnya SMA Negeri Banuhampu, Kabupaten Agam sebagai juara pertama LCC Empat Pilar Tap MPR-RI 2019 Sumatera Barat untuk ketiga kalinya yakni, pada tahun 2014, 2016 dan 2019 ini, kita kembali berhak mewakili Provinsi Sumatera Barat pada tingkat nasional yang diselenggarakan di gedung MPR-RI bulan 8 sampai 19 Agustus 2019 mendatang, ungkapnya.

Dua belas orang siswa dari SMA Negeri 1 Banuhampu akan mewakili Sumbar ke Gedung MPR/ DPR Senayan, Jakarta itu antara lain, Resi Anggraini, Syalaisa Amani Fathiah, Andri Taufik, Fadhilah, Feski Handika Putra, Deliza Yanti, Kansa Nayla Dwi Putri, Tisya Adelia, Nurfajrin Dierma Adinda, Mona Aulia, Afifah Alifdiani, Anisa Johan dan dua orang guru PPKN Drs Afdal dan Dra Mulyati.(**)


wwwwww