Home  /  Berita  /  GoNews Group

Viral... Yang Datang Petahana, Tapi Doa KH Maimoen Zubair untuk Prabowo

Viral... Yang Datang Petahana, Tapi Doa KH Maimoen Zubair untuk Prabowo
Jokowi saat silaturahmi ke kediaman KH. Maimoen Zubair. (istimewa)
Sabtu, 02 Februari 2019 19:13 WIB
JAKARTA - KH Maimoen Zubair salah membaca doa di depan Presiden Joko Widodo sehingga Ketua Umum PPP membisikan sesuatu dan kemudian sang kiyai pun meralatnya.

Doa KH Maimoen Zubair ini menjadi viral. Hal ini terjadi saat Ulama Nadhlatul Ulama (NU), KH Maimeon Zubair itu sedang menerima kunjungan dari calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), Jumat (1/2/2019).

Saat itu, Jokowi bersilaturahmi dan mengunjungi jajaran pengurus Pondok Pesantren Al-anwar Kelurahan Karangmangu Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, atau bisa disebut juga Ponpes Al Anwar Sarang Rembang, Jawa Tengah.

Kiai Maemoen Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen itupun memanjatkan doa di akhir acara kunjungan.

Disaat berdoa, KH Maimoen Zubair salah menyebutkan nama Jokowi dan justru menyebut Prabowo Subianto dalam doanya itu sehigga memunculkan hastag #KyaiMaimoenDoakanPrabowo  yang jadi treing topic.

Potongan rekaman saat Mbah Moen salah menyebutkan nama tersebut lantas menjadi viral di media sosial. Kunjungan dan kebersamaan Jokowi tersebut diunggah pula oleh akun YouTube NU Lovers.

Dikutip dari akun YouTube NU Lovers Jumat (1/2/2019), saat itu Mbah Moen tampak sedang membaca sebuah kertas yang isinya adalah lantunan doa.

Dalam doa yang dipanjatkan menggunakan bahasa arab tersebut, ia salah menyebut nama Jokowi dan mengucapkan nama Prabowo.

Hingga doa selesai dipanjatkan, Mbah Moen tampak tak menyadari kesalahannya itu. Setelah doa, tampak Ketua Umum DPP PPP, Rommahurmuzy membisikkan suatu hal kepada Mbah Moen.

Setelah Romahurmuzy memberikan penjelasan kepada Mbah Moen, Kiai tersebut lantas mengoreksi pernyataannya yang menyebut Prabowo Subianto.

"Alaa (untuk) Pak Prabowo, laa (tidak) Pak Prabowo, menawa (Tetapi) Pak Jokowi, Pak Jokowi Widodo," ucap Mbah Moen memberikan penjelasan.

Ia kemudian meminta maaf lantaran salah menyebut nama Jokowi dan justru mengatakan Prabowo.

"Jadi saya kalau luput sudah tua, saya umur 90 lebih, jadi saya dengan ini saya untuk pribadi siapa yang di samping saya enggak ada kecuali Pak Jokowi," jelas Mbah Moen kemudian.

Ucapan Mbah Moen Memunculkan Trending di Twitter

Kesalahan Mbah Moen membuat Hashtag #KyaiMaimoenDoakanPrabowo menjadi Trending nomor 1 di Twitter. Sampai pukul 09.00 WIB #KyaiMaimoenDoakanPrabowo telah dicuitkan oleh lebih dari 25 ribu pengguna Twitter.

Kebanyakan dari mereka tampak mengunggah potongan video saat Mbah Moen melafalkan doa dan menyebut nama Prabowo.

Sementara itu, Mantan Direktur Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Rustam Ibrahim turut mengomentari Trending di Twitter #KyaiMaimoenDoakanPrabowo saat kunjungan Jokowi ke Rembang.

Dalam akun Twitternya @RustamIbrahim Sabtu (2/1/2019), ia membagikan video saat Mbah Moen memberikan penjelasan atas kesalahannya menyebut nama Prabowo Subianto.

Ia mengungkapkan kekecewaannya lantaran banyak orang yang menyalahgunakan doa yang dilafalkan oleh Mbah Moen.

"Sampai2 doa Mbah KH Maimun Zoebair diplintir? Sudah jelas pilihannya Pak Jokowi, gak ada kecuali Jokowi. Keterlaluanlah kalau begitu?," kata Rustam. ***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:tribunews
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Politik
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/