Home  /  Berita  /  GoNews Group

Pimpin Massa di May Day, Rieke Pitaloka Deklarasikan KRPI

Pimpin Massa di May Day, Rieke Pitaloka Deklarasikan KRPI
Rieke Diah Pitaloka saat memimpin aksi. (istimewa)
Selasa, 01 Mei 2018 11:10 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Ditengah-tengah aksi massa buruh dalam memperingati May Day di Istana, politisi PDIP, Rieke Diah Pitaloka resmi mendeklarasikan Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia (KRPI), Selasa (1/5/2018).

Acara deklarasi tersebut, diawali Karnaval Budaya Rakyat Pekerja Indonesia dengan long march dari Patung Kuda.

"Bergabung bersama KPRI untuk perayaan May Day, adalah Forum Honorer Kategori 2 Indonesia (FHK21)," ujar Rieke melalui siaran persnya.

Selain deklarasi, KRPI dengan sejumlah massa menyampaikan "Panca Maklumat Rakyat Pekerja Indonesia" untuk Presiden Joko Widodo.

Menurut Rieke, ada lima organisasi pekerja bergabung dalam KRPI. Di antaranya, Federasi Pekerja Pos dan Logistik (FPPLI), Komite Nusantara Aparatur Sipil Negara (KNASN), Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI), Federasi Pekerja Pelabuhan Indonesia (FPPI), serta Federasi Serikat Buruh Indonesia (FSBI).

Kehadiran pemeran 'Oneng' dalam sitkom Bajaj Bajuri inipun jadi rebutan buruh untuk berfoto sebelum aksi demo. 

"Ayo foto dulu, biar semangat sampai siang perjuangin nasib buruh," ungkap Rieke yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Komite Rakyat Pekerja Indonesia (KRPI).

Pada Senin (30/4) kemarin, Rieke mengungkapkan KRPI bakal memperingati May Day dengan karnaval rakyat, deklarasi, dan pembacaan Panca Maklumat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di depan Istana Merdeka.

Elemen buruh yang akan ikut dalam aksi tersebut di bawah KRPI antara lain Federasi Pekerja Pos Logistik Indonesia (FPPLI), Federasi Pekerja Pelabuhan Indonesia (FPPI), Komite Nusantara Aparatur Sipil Negara (KNASN), Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI), Federasi Buruh Seluruh Indonesia (FBSI), dan Forum Honorer Kategori II Indonesia (FHK2I).

Massa yang dipimpin Rieke Diah Pitaloka ini bergerak dari Bundaran Patung Kuda ke Istana pukul 09.00 WIB. ***

wwwwww