Home > Berita > Umum

Sebut Rendang Harusnya Dimasak 'Crispy', Juri Masterchef UK Buat Netizen Indonesia dan Malaysia Geram

Sebut Rendang Harusnya Dimasak Crispy, Juri Masterchef UK Buat Netizen Indonesia dan Malaysia Geram
Rabu, 04 April 2018 10:09 WIB
LONDON - Meski tahun 2016, salah satu media terbesar di dunia yakni CNN sempat mengumumkan rendang khas Indonesia sebagai makanan nomor satu terenak di dunia dan tahun 2017, CNN kembali merilis daftar 50 makanan terenak sedunia lewat 35.000 voting di media sosial facebook dan hasilnya rendang khas Sumatera Barat kembali menduduki peringkat pertama. Namun tidak bagi Juri Masterchef UK.

Kenikmatan rendang memang membuat banyak orang dari luar Indonesia yang tertarik untuk memasaknya, Salah satunya adalah para peserta Masterchef UK.

Dalam sebuah episode terbaru yang ditayangkan kala itu, salah seorang kontestan yakni Zaleha Kadir Olpin memasak rendang dalam kompetisi yang ada. Zaleha, 48 tahun, dalam episode kali ini memasak rendang karena hidangan tersebut adalah salah satu makanan favoritnya semenjak kecil.

Saat memasak rendang tersebut, Zaleha mengatakan kepada salah satu juri Masterchef UK, John Torode bahwa ia memiliki kenangan indah dengan hidangan tersebut. "Dulu saya biasa menghemat uang untuk membeli hidangan ini tiap hari Jumat, ada kios kecil yang menjualnya di depan sekolah saya, dan hidangan itu terasa spesial bagi saya"

Usai hidangannya jadi, Zaleha pun memberikan hasil masakannya itu kepada para juri. Saat mencicipi hidangan rendang inilah, kontroversi terjadi. Hal ini sendiri disebabkan karena komentar mereka soal masakan rendang yang diolah Zaleha.

Ucapan menohok pertama dilontarkan juri Gregg Wallace. Kritiknya soal rendang yang dibuat Zaleha pun bisa dibilang cukup 'nyeleneh' di telinga warga Melayu seperti Indonesia dan Malaysia. ''Saya suka rasa rendangnya, ada sedikit rasa manis, namun kulit ayam-nya tidak renyah!'' ujar Gregg mengkritik Zaleha.

''Rendang ini tidak bisa dimakan karena semua sausnya jadi meresap di kulit, saya tidak bisa makan,'' kata Wallace.

John Torode sebagai salah satu juri lainnya ikut menimpali. Ia mengatakan mengatakan bahwa rendang ayam yang dibuat Zaleha adalah sebuah kesalahan.

''Rendang ini dimasak dalam waktu yang kurang cukup! dagingnya jadi terlalu lembut dan hancur berantakan. Sebaliknya, ayam itu keras dan tidak terlalu enak,'' katanya.

Zaleha tampak sangat kecewa mendengar komentar itu. Rasa kekecewaanya ini kian menjadi setelah ia kemudian harus melepas celemeknya setelah dieliminasi dalam episode kala itu.

Komentar juri Masterchef UK soal rendang ini pun membuat banyak netizen asal Indonesia dan Malaysia geram!

Hal ini bisa dilihat dari serangan komentar di Twitter salah seorang juri yakni John Torode. Dimulai dari twit seorang Malaysia yang mengomentari 'rendang crispy' buatan John Torode.

Sang chef pun membalas dengan ucapan "Namaste" dan bilang bahwa rendang crispy berasal dari Indonesia

Hal ini pun membuat para netizen Indonesia dan Malaysia berkomentar karena dalam sejarah tidak ada rendang yang dimasak dengan tepung 'crispy'. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:bangkapos.com
Kategori:Umum, GoNews Group, Sumatera Barat, Rantau

wwwwww