PUPR Restorasi 40 Rumah di Kawasan Seribu Rumah Gadang Solsel Sumbar dan Langsung Diresmikan Presiden Jokowi

PUPR Restorasi 40 Rumah di Kawasan Seribu Rumah Gadang Solsel Sumbar dan Langsung Diresmikan Presiden Jokowi
Kawasan wisata seribu rumah gadang, Solok Selatan, Sumatera Barat
Minggu, 04 Februari 2018 01:07 WIB
PADANG ARO - Kawasan Seribu Rumah Gadang, Solok Selatan, Sumatera Barat merupakan kawasan wisata dengan keunikan arsitektur. Pasalnya, di kampung ini, banyak sekali rumah gadang yang merupakan rumah khas Minangkabau. Jika direstorasi, kawasan ini akan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik Sumatera Barat.

Karena itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan perbaikan rumah-rumah yang ada sehingga layak dikunjungi. Rencananya, peletakan batu pertama restorasi ini langsung dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Tapi sebelum peletakan batu pertama oleh presiden, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan mengunjungi kawasan seribu rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan, Sumbar.

Pelaksana Tugas Kepala Bagian Humas Solok Selatan Firdaus Firman, di Padang Aro, Sabtu, mengatakan Menteri PUPR diagendakan meninjau persiapan peresmian restorasi 40 rumah gadang.

"Kementerian PUPR akan merestorasi 40 rumah gadang di kawasan seribu rumah gadang dan menteri langsung meninjau lokasi sebelum melaksanakan program tersebut," ujarnya.

Menteri Pupera menjanjikan peletakan batu pertama restorasi tersebut dilakukan oleh Presiden Jokowi Widodo.

"Kita berharap penanjakan restorasi rumah gadang dan menara pandang dilakukan oleh Presiden atas rekomendasi Menteri PUPR," ujarnya.

Menteri PUPR diagendakan berangkat dari Jakarta pukul 14.00 WIB setelah cek persiapan lapangan Asean Games di Gelora Bung Karno.

Setelah itu pihaknya belum mengetahui apakah Menteri bermalam di Padang atau langsung ke kawasan seribu rumah gadang.

Rencana restorasi telah disetujui oleh para ninik mamak (pemangku adat) di Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu setelah dilakukan sosialisasi oleh pemerintah daerah.

Ia menyebutkan para ninik mamak yang di Koto Baru memang telah memiliki keinginan untuk memperbaiki rumah gadang mereka, namun terbatas oleh kemampuan finansial.

Sebelumnya, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Baru Jalaludin Dt Lelo Dirajo menyebutkan setelah dilakukan sosialisasi, para ninik mamak di Koto Baru sepakat menerima bantuan tersebut.

"Kami harap nanti rumah gadang yang telah direstorasi itu bisa dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat," ujarnya.

Ia juga berharap rencana kedatangan Presiden Jokowi untuk meletakkan batu pertama restorasi rumah gadang itu terwujud. "Kami harapkan Presiden Jokowi bisa meletakkan batu pertama sesuai dengan keinginan masyarakat Solok Selatan," ujarnya. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:okezone.com
Kategori:Solok Selatan, Rantau, Sumatera Barat, GoNews Group, Pemerintahan, Umum

wwwwww