Home  /  Berita  /  GoNews Group

Peringati Sumpah Pemuda, Senator Nofi Candra Ajak Bersatu Bangun Indonesia

Peringati Sumpah Pemuda, Senator Nofi Candra Ajak Bersatu Bangun Indonesia
Istimewa.
Jum'at, 27 Oktober 2017 20:47 WIB
JAKARTA - Senator Sumatera Barat Nofi Candra meminta agar momentum Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober menjadi dasar bagi para pemuda untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

Momentum Sumpah Pemuda tersebut juga digarapkan menjadi renungan bagi pemuda dalam perwujudan persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Nofi Candra mengatakan bahwa pemuda memounyai peran yang besar bagi kemajuan bangsa dan negara. Sejarah mencatat bagaimana peran pemuda-pemudi Indonesia dalam berjuang untuk kemerdekaan negara Indonesia. Pemuda dari juga terbukti berkontribusi penting dalam perwujudan persatuan dan kesatuan melalui Sumpah Pemuda

"Tahun 1928 memberi pelajaran bahwa pemuda-pemusi yang tampil menjadi pelopor adalah mereka yang memiliki kesadaran besar, kesadaran tentang bangsa dan negaranya bukan hanya kesadaran tentang dirinya, bukan hanya kesadaran tentang etnisnya, bukan hanya kesadaran tentang agamanya," ucapnya.

Nofi Candra juga menambahkan, tantangan pemuda saat ini adalah membangun Indonesia yang berkedaulatan pangan, kemandirian energi, kemandirian politik, kemandirian budaya, kemandirian ekonomi, kedaulatan budaya, politik, dan kedaulatan ketahanan.

"Karena itu pemuda saat ini tidak hanya menjadi pelopor didalam bangsanya sendiri tetapi harus menjadi pelopor Indonesia yang mampu berdiri tegak menjadi komunitas International," imbuhnya.

Nofi berpesan agar pemuda Indonesia harus sadar dan melek sejarah perjuangan. Jangan mau dipolarisasikan oleh kepentingan jangka pendek apalagi sampai mempertaruhkan dasar bernegara, yaitu Pancasila.

"Wahai pemuda mari kita renungkan betul, makna dari Sumpah Pemuda untuk menjadikan kita pemuda yang santun, cerdas, inspiratif, dan berprestasi ditengah gelombang demokratisasi dan pragmatisme," ucap Senator yang oernah menjabat sebagai Ketua DPD KNPI Solok tahun 2011 ini.

Nofi Candra menganggap pemuda-pemudi saat ini merupakan calon pemimpin masa depan Indonesia. Oleh karena itu, melalui momentum Sumpah Pemuda ini, Nofi mengajak seluruh pemuda dan seluruh masyarakat untuk dapat berkomitmen dalam berprestasi dan berkontribusi dalam pembangunan Indonesia yang dimulai dari pembangunan di daerah.

"Dalam rangka melaksankan sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2017 ini mari kita semua bersumpah. Wahai bapak-bapak hari ini bersumpah akan melahirkan orang-orang muda yang hebat dan wahai pemuda hari ini bersumpah akan menjadi pelopor buat bangsa Indonesia akan menjadi andalan buat keluarga, dan akan menjadi pelopor buat Sumatera barat tercinta," tegas Nofi. ***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Politik
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/