Loading...
Home >  Berita >  Tanah Datar

Belasan Petak Toko di Pasar Koto Baru Tanah Datar Ini Terbakar, Api Diduga Berasal dari Warung Bakso

Belasan Petak Toko di Pasar Koto Baru Tanah Datar Ini Terbakar, Api Diduga Berasal dari Warung Bakso
Belasan petak toko dan dua rumah di Pasar Koto Baru, Tanah Datar terbakar, Senin 31 Juli 2017, sekira pukul 06.30 WIB.
Senin, 31 Juli 2017 16:52 WIB
Penulis: jontra
TANAH DATAR - Kobaran api kembali mengejutkan warga yang hendak beraktifitas di Pasar Koto Baru Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Senin 31 Juli 2017, sekira pukul 06.30 WIB pagi.

Akibat kebakaran tersebut belasan petak toko dan 2 rumah yang berada di kawasan pasar sayur terbesar di Sumbar yang terletak di jalan raya Bukittinggi - Padang ini ludes dilalap kobaran api.

Meskipun penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwajib, menurut informasi Andi (32) warga setempat dia mendengar sumber api diduga berasal dari dapur sebuah warung bakso. Dikatakan juga oleh Andi, Pengelola warung bakso itu juga mengalami luka bakar di bagian kepala dan wajahnya.

Peristiwa ini diperkirakan terjadi sekitar setengah tujuh pagi. Unit damkar sampai di lokasi pukul tujuh, ungkap Kepala Seksi Operasional Pemadam Kebakaran Kota Padangpanjang, Jhon Eriko.

Menurut data kami, korban terdampak akibat peristiwa kebakaran ini berjumlah satu orang, korban bernama Anto ini juga sudah dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan medis, terangnya.

Proses pemadaman api, menurut Jhon Eriko memakan waktu hampir tiga jam. Sebanyak tiga unit mobil Damkar Kota Padangpanjang ikut diturunkan dengan dibantu oleh 5 kabupaten/kota terdekat.

Diantaranya dua unit damkar dari Tanahdatar, tiga unit dari Pemko Padang Panjang, dua unit damkar Bukittinggi, dua unit dari Pemkab Agam serta dari Pemko Pariaman dan Pemkab Padang Pariaman masing-masingnya satu unit, jelasnya.

Dikatakan juga oleh Jhon Eriko, unit damkar sampai di lokasi sekira pukul 07.00 WIB. Tiga jam kemudian api sudah dapat dijinakkan seutuhnya,” terang Jhon.

Menurut Jhon, petugas sempat cukup kewalahan memadamkan api karena sekaligus kami melakukan proses evakuasi para pemilik rumah di belakang ruko yang terbakar. Selain itu, padatnya arus kendaraan juga menyulitkan mobil damkar untuk mencapai lokasi.

“Setelah dihitung dan dilakukan pendataan, kami memprediksi kerugian mencapai 1,5 miliar rupiah,” tuturnya.

Terbakarnya Pasar tradisional sebagai sentra sayuran di jalan raya lintas Padang-Bukittinggi itu tak ayal mengagetkan para pedagang yang memang sedang ramai bertransaksi pada pagi hari di pasar itu.

Tidak hanya itu, akibat peristiwa tersebut juga menyebabkan, jalan alternatif Pandai Sikek dan Batu Palano macet total. Kendaraan yang datang dari Padang menuju Bukittinggi dan sebaliknya terpaksa mengantre akibat terjadinya peristiwa tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tagana Padang Panjang Ferix Sonanda mengatakan, sebanyak 17 kios dan dua rumah yang ada di lokasi hangus dilalap kobaran api. Api sepenuhnya dapat dikuasai oleh tim damkar.

Adapun identitas pemilik Kios / Bangunan Semi Permanen, sebagai berikut;

1. BERNES, 51 Thn, Minang, Pedagang, Alamat Jor. Subarang Nag. Koto Baru Kab. Tanah Datar ( 3 kios ).

2. ROMI, 35 Thn, Minang, Pedagang, Alamat Jor. Subarang Nag. Koto Baru Kab. Tanah Datar (1 kios ).

3. DEL, 55 Thn, Minang, Pedagang, Alamat Jor. Subarang Nag. Koto Baru Kab. Tanah Datar ( 2 kios ).

4. TARSO ( pemilik warung bakso ), 47 Thn, Jawa, Pedagang, Alamat Jor. Subarang Nag. Koto Baru Kab. Tanah Datar ( 2 kios).

5. ANDRE, 41 Thn, Minang, Pedagang, Alamat Jor. Subarang Nag. Koto Baru Kab. Tanah Datar 2 ( kios).

6. ATIK, 55 Thn, Jawa, Pedagang, Alamat Jor. Subarang Nag. Koto Baru Kab. Tanah Datar ( 1 kios).

7. YON, 25 Thn, Minang, Pedagang, Alamat Nag. Singgalang (1 kios).

8. H. BURHANUDDIN, 62 Thn, Minang, Petani, Alamat Jor. Subarang Nag. Koto Baru Kab. Tanah Datar ( 4 kios ).

9. JONI, 47 Thn, Minang, Pedagang, Alamat Jor. Subarang Nag. Koto Baru Kab. Tanah Datar ( 1 kios ).

10. JASWIR, 52 Thn, Minang, Petani, Alamat Jor. Subarang Nag. Koto Baru Kab. Tanah Datar ( 1 unit rumah )

11. BAMA, 55 Thn, Minang, Petani, Alamat Jor. Subarang Nag. Koto Baru Kab. Tanah Datar ( 1 unit rumah ).(**)


Loading...
www www