Home  /  Berita  /  GoNews Group

Dinilai Stigmatisasi Umat Islam, Cuitan Lebaran BNPT Disesalkan Anggota DPR

Dinilai Stigmatisasi Umat Islam, Cuitan Lebaran BNPT Disesalkan Anggota DPR
Anggota Komisi I DPR RI, Bobby ADhityo Rizaldi. (inilah.com)
Selasa, 27 Juni 2017 11:37 WIB
JAKARTA - Cuitan Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT) di media sosial Twitter dinilai menstigmatisasi umat Islam.

Penilaian itu diungkapkan Anggota Komisi I DPR RI, Bobby ADhityo Rizaldi. Bobby menyesalkan cuitan itu karena dianggap berpotensi menimbulkan polemik berkepanjangan.

''Orang awam yang membaca twit itu, bisa beranggapan BNPT menstigmatisasi agama, dan menggeneralisir dalam artian negatif umat agama tersebut,'' kata Bobby di Jakarta, Selasa (27/6/2017).

Anggota Fraksi Partai Golkar itu meminta admin twitter BNPT hendaknya dalam ranah komunikasi publik, memberikan narasi-narasi persatuan, dan menekankan keikutsertaan masyarakat dalam mencegah terorisme.

''Program deradikalisasi juga kontra radikalisme, bisa efektif diwujudkan bila ada partisipasi masyarakat secara efektif baik dalam upaya deteksi dini pencegahan aksi teroris, maupun upaya mengikis habis akar terorisme,'' ujarnya.

Menurut dia, upaya pemberantasan terorisme memerlukan trust level (tingkat kepercayaan) yang tinggi dr masyarakat, agar tindakan yang dilakukan aparat dalam upaya pencegahan aksi teroris, benar diyakini bukan sebagai penyalahgunaan kekuasaan untuk menyudutkan pihak-pihak tertentu.

''BNPT harus menjadi leading sector dengan masyarakat dalan memberantas terorisme, bukan menjadi sumber polemik yg kontra produktif di mata masyarakat,'' jelas dia.

Untuk diketahui, akun Twitter BNPT sempat menuliskan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah. Namun, cuitan BNPT dianggap menyudutkan umat Islam yang merayakan hari kemenangan setelah berpuasa Ramadhan sebulan lamanya.

Kini, cuitan itu sudah dihapus oleh admin akun tersebut.

Berikut cuitan akun Twitter BNPT @BNPTRI:

Mari jadikan Idul Fitri sebagai momentum deradikalisasi diri. Selamat #IdulFitri1438H. Mohon maaf lahir & batin. #DeradikalisasidiIdulFitri.***

Editor:hasan b
Sumber:inilah.com
Kategori:GoNews Group, Politik
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/