Home  /  Berita  /  Hukum

Terdakwa Penyuap Pejabat Pajak Mengaku Sudah Lama Kenal dengan Adik Ipar Jokowi

Terdakwa Penyuap Pejabat Pajak Mengaku Sudah Lama Kenal dengan Adik Ipar Jokowi
Terdakwa penyuap pejabat pajak, Rajesh Rajamohanan. (foto: detikcom)
Senin, 20 Februari 2017 21:03 WIB

JAKARTA - Terdakwa penyuap pejabat Direktorat Jenderal Pajak Pajak, Country Director PT EK Prima (EKP) Ekspor Indonesia Rajesh Rajamohanan, mengaku telah kenal lama dengan Arif Budi Sulistyo, adik ipar Presiden Joko Widodo. Mereka berteman sejak sekitar 10 tahun lalu. 

"Arif teman saya sudah hampir 10 tahun," ujar Rajesh setelah menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (20/2/2017).

KPK menduga Arif merupakan mitra bisnis terdakwa dan mengenal sejumlah pihak di Direktorat Jenderal Pajak. Rajesh menyebut mengenal Arif sebagai pebisnis properti. Ditanya keterlibatan Arif dalam kasus yang menjeratnya, Rajesh tak menjawab jelas.

"Sebenarnya, sebagai teman, saya itu hanya berkonsultasi. Itu bisa didengar nanti dari pengadilan," ujar Rajesh.

Dalam kasus ini, Rajesh didakwa memberikan suap sebesar Rp 1,9 miliar kepada pihak penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) pada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Handang Soekarno. Nama Arif disebut dalam surat dakwaan jaksa KPK terhadap Rajesh.

Senada dengan Rajesh, Kasubdit Ditjen Pajak Handang Soekarno juga mengaku kenal dengan Arif. Keduanya sudah kenal lama.

KPK terus mendalami peran Arif Budi Sulistyo dalam kasus Handang. Pendalaman juga akan dilakukan terkait indikasi adanya komunikasi yang dilakukan membahas tax amnesty untuk PT EKP.

"Arif Budi Sulistyo dalam rangkaian peristiwa ini diduga mitra bisnis terdakwa, dan diduga mengenal pihak-pihak di Direktorat Jenderal Pajak. Kami akan buktikan nantinya hubungan Arif dengan terdakwa," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Selasa (14/2). (dtc)

Editor:Arie RF
Sumber:detikcom
Kategori:Hukum, Peristiwa, GoNews Group
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/