Home  /  Berita  /  GoNews Group

Jelang Demo 2012, Jalan Daendels Pantura Terancam Lumpuh

Jelang Demo 2012, Jalan Daendels Pantura Terancam Lumpuh
Foto: beritajatim.com.
Minggu, 18 Desember 2016 19:16 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
GRESIK - Menjelang aksi demo warga pada 20 Desember 2012, atau lebih dikenal 2012. Jalan Pantura Daendels di wilayah Gresik, Jawa Timur terancam lumpuh. Pasalnya, ratusan warga bakal turun ke jalan menuntut perbaikan Jalan Daendels Pantura yang mengalami kerusakan parah.

Selain turun ke jalan, warga juga mengancam menghentikan dump truk yang beroperasi. Alasan warga menghentikan dump truk karena  dianggap sebagai biang keladi rusaknya Jalan Pantura Daendels.Kordinator aksi wilayah (Korwil) warga Kecamatan Sidayu, Chubab mengatakan, warga pantura sudah lama menyimpan kesabaran dengan ulah sopir dum truk yang tidak taat pada aturan.

Sebab, selain membuat jalan semakin rusak juga menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan. "Selama ini jam operasional dump truk tidak pernah ditaati oleh pihak perusahaan. Jadi jangan salahkan bila setiap hari masyarakat melakukan tindakan dengan cara menghentikan truk," anncam lelaki berusia 38 tahun, kepada wartawan, Minggu (18/2/2016).

Seharusnya lanjut Chubab, tanpa ada rencana unjuk rasa. Perusahaan yang menyewa dump truk untuk pengurukan proyek bisa tertib. Tapi, kenyataannya aturan yang ditetapkan seolah tidak berlaku."Selama ini banyak alasan yang disampaikan para sopir yang mengaku baru menjadi sopir di wilayah Gresik," tuturnya.

Ada dua tuntutan warga yang dijadikan alasan terkait dengan aksi 2012. Pertama, pemerintah harus memperbaiki jalan secepatnya. Kedua, meminta Pemkab Gresik menindak sopir dum truk yang melanggar larangan jam operasional.

Sementara itu, Kordinator Aksi Kabupaten Gresik Agus Budiono menambahkan, masyarakat sudah bertahun-tahun bersabar dengan kondisi jalan rusak dan sopir truk yang kerap beroperasi saat jam larangan. Kali inu kesabaran itu sudah sirna.

"Masyarakat tidak mau tahu, meskipun jalan itu katanya tanggang jawab provinsi, atau pusat. Pokoknya harus segera diperbaiki," tuntutnya.

Ada tiga titik kumpul yang dijadikan warga terkait dengan aksi 2012. Tiga titik yang dimaksud diantaranya Kecamatan Manyar, Bungah, dan Sidayu. Seperti diketahui, aksi unjuk rasa masyarakat Gresik di Jalan Pantura Daendels sudah menyiapkan segala kebutuhan.

Mulai dari atribut poster, bendera merah putih hingga soud sistem. Diperkirakan masyarakat yang mengikuti aksi 2012 mendatang mencapai ratusan warga. ***

Sumber:beritajatim.com
Kategori:GoNews Group, Umum, Peristiwa
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/