Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Irfendi Meminta Untuk Meningkatkan Pengelolaan KB

Irfendi Meminta Untuk Meningkatkan Pengelolaan KB
Bupati Irfendi Arbi menyerahkan tropy kepada 1 PIK R Luar Sekolah kepada PIK R Lentera Nagari Suayan Kecamatan Akabiluru didampingi Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN RI Nofrizal, MA, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat Syahruddin, SH, M.Si.
Minggu, 13 November 2016 20:13 WIB
Penulis: Ilham Noviandre

LIMA PULUH KOTA--Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi menyambut baik kegiatan Jambore dan temu ajang kreatifitas PKB/PLKB dan kader PPKBN/PPKBJ. Ia berharap kegiatan itu mampu meningkatkan pengetahuan dan motivasi penggiat KB di lapangan buat memantapkan dan mempercepat keberhasilan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Hal itu disampaikan Bupati Irfendi dalam sambutannya pada acara puncak Jambore dan temu ajang kreatifitas PKB/PLKB dan kader PPKBN/PPKBJ tingkat Kabupaten Limapuluh Kota di arena Medan Nan Bapaneh Nagari Tarantang Kecamatan Harau, Sabtu (12/11).

 

            “Kita berharap Jambore ini mampu mempercepat keberhasilan program KKBPK sebagai bagian integral dari pembangunan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota. Sejauh mempunyai kebijakan, saya akan berusaha mendukung buat suksesnya program KB di daerah ini,” ungkap Irfendi.

 

            Menyimak laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Limapuluh Kota yang masih di atas rata-rata nasional, Irfendi mengingatkan BPPKB setempat beserta seluruh jajaran untuk bekerja keras mengunjungi dan berdialog dengan keluarga-keluarga untuk tercapainya upaya pengendalian penduduk. Semua petugas diharapkan lebih inten memberikan edukasi dan pencerahan kepada setiap keluarga dan masyarakat tentang pentingnya program perencanaan hidup sehat dan sejahtera melalui program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga.

 

            “Sesuai dengan program Nawacitanya Presiden Joko Widodo, semua pihak diharapkan ikut berperan aktif dan hadir di tengah masyarakat. Tak kalah pentingnya, para petugas harus bisa merobah menset dan tampil sebagai pelayan masyarakat,” tutur putera Koto Tangah Simalanggang itu.

 

Dalam kesempatan itu Irfendi juga mengapresiasi para petugas PKB/PLKB dan kader PPKBN/PPKBJ selaku kader penggiat KB yang tanpa pamrih bekerja keras di tengah masyarakat. Agar target bisa tercapai, ia mengajak para petugas KB ini bekerja dengan iklas dan niat ibadah. “Kalau sudah membayangkan pekerjaan itu sebagai ibadah, apapun yang dilakukan akan selesai sesuai harapan,” yakin Irfendi.

 

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat Syahruddin, SH, M.Si dalam paparannya mengatakan, peserta KB di Kabupaten Limapuluh Kota sudah melebihi 60% atau rengking ke 5 di Provinsi Sumatera Barat. Lebih hebatnya lagi, pencapaiannya peserta KB aktifnya juga cukup tinggi.

 

“KB di Kabupaten Limapuluh Kota sudah cukup menggembirakan. Pencapaian peserta KB aktifnya sudah berada pada rangking 2 di Sumatera Barat,” ujar Syahruddin.

 

Senada dengan Bupati Irfendi, menyikapi laju pertumbuhan penduduk yang tinggi, ia juga meminta seluruh kader untuk meningkatkan pengelolaan KB di daerah ini.

            Sebelumnya Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN RI Nofrizal, MA pada penyampaiannya menegaskan kader adalah pilar utama atau tumpuan untuk suksesnya program KB. Menurutnya, program KB tidak akan sukses kalau tidak di kelola dengan semangat kebersamaan atau gotong royong.

 

“Seluruh kemitraan, baik itu masyarakat yang bergerak di bidang agama, tokoh adat dan akademi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tungku Tigo Sajarangan, itu adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari upaya kita membangun perencanaan hidup yang sehat,” jelas Nofrizal.

 

Dikatakan, Presiden Joko Widodo menyebut KB ini adalah perencanaan sehat dan sejahtera. Sehingga pekerjaan kader KB adalah menyelamatkan generasi dari persoalan-persoalan yang jauh dari kesejahteraan.

 

Sedangkan Kepala BPPKB Kabupaten Limapuluh Kota dr. Tien Septino dalam laporannya menyebut jumlah ASN petugas PKB/PLKB hanya 32 orang dan tenaga harian lepas sebanyak 52 orang yang tersebar di 13 kecamatan. Berikutnya, PPKBN sebanyak 79 orang dan PPKBJ sejumlah 632 orang.

 

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan yang berlangsung selama 3 hari mulai Jumat sampai Minggu (11-13 Nopember 2016) itu diikuti 110 PKB/PLKB dan 130 orang PPKBN/PPKBJ dari setiap kecamatan.

 

“Dalam Jambore dan temu ajang kreatifitas ini digelar berbagai perlombaan bidang kependudukan serta  KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) berupa lomba penyuluhan, debat KKBPK, pentas seni dan kreasi serta kegiatan lainnya,” papar Tien Septino.

 

Dalam kesempatan itu juga diserahkan tropy dan penghargaan juara 1 PIK R Luar Sekolah kepada PIK R Lentera Nagari Suayan Kecamatan Akabiluru,  dan juara III bagi SMK PP Padang mengatas Kecamatan Luak. Selain itu juara lomba mencipta lagu yang diraih SMAN 1 Kecamatan Kapur IX.

 

            Ikut hadir dalam acara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Yendrizal Makmur, Ketua Forum Kota Sehat dan sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota.***

Editor:M Siebert
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Limapuluh Kota

wwwwww