Home  /  Berita  /  GoNews Group

Terkait Video "Kapolda Provokator" Polisi Sudah Kantongi Penyebarnya, Kombes Awi: Harusnya Bukan Konsumsi Publik

Terkait Video Kapolda Provokator Polisi Sudah Kantongi Penyebarnya, Kombes Awi: Harusnya Bukan Konsumsi Publik
Ilustrasi kericuhan 4 November 2016 di Istana. (istimewa)
Selasa, 08 November 2016 16:46 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Terkait hebohnya video Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan yang memprovokasi massa FPI pada aksi damai 4 November 2016, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono memberikan klarifikasi dihadapan wartawan di Mapolda, Selasa (08/11/2016).

"Terkait dengan video viral Kapolda, itu kapolda menyampaikan saat selesai demo, ditanya teman-teman dari FPI beliau menyampaikan, kenapa itu tak kalian tangkap. Itu bukan provokasi. Itu udah seselai semuanya," kata Kombes Awi.

Sebelum demo tersebut kata Kombes Awi, imam besar FPI, Habib Rizieq juga telah menyampaikan bahwa akan melakukan penangkapan jika ada provokator. "Karena sebelum demo, Kapolda dengan Pangdam Jaya, pejabat polda, menyaksikan Habib Rizieq mengatakan, 'Saya akan bertanggng jawab kalau ini adalah demo damai. Kalau ada yang rusuh, nanti saya yang menangkap. Laskar saya akan berjejer. Sejarahnya itu begitu'," jelas Awi.

Menurutnya saat melontarkan kata-kata yang berada dalam video viral tersebut, Kapolda sebenarnya hanya ingin menagih janji pernyataan Habib Rizieq tersebut.

"Kapolda mau menagih komitmen moral dari pimpinan FPI. Itu wajar-wajar saja. Kami telah sampaikan adanya ancaman-ancaman kepada mereka," terang Awi.

Ia menambahkan video tersebut tidak seharusnya menjadi konsumsi publik karena dalam video tersebut dijelaskan seakan-akan melakukan provokasi massa untuk melakukan pemukulan terhadap massa HMI yang saat itu mengamuk.

"Itu sudah konsolidasi. Itu bukan untuk konsumsi publik. Justru nanti yang akan kami usut itu yang memprovokasi itu. Membuat video yang menuduh Kapolda sebagai provokator," katanya.

Awi pun mengklaim Polda Metro Jaya telah mengantongi pelaku penyebar video viral tersebut. "Sudah kami ketahui siapa orangnya," ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, pasca demo tersebut video viral Kapolda tersebut di Yotube dengan judul 'Terungkap! Kapolda Provokasi massa FPI untuk serang massa HMI. Ini buktinya'. Dalam video tersebut, Irjen M Iriawan mengatakan beberapa kata-kata yang provokatif.

"Tadi tuh nggak ada gini-ginian (rusuh HMI), kalian kejar HMI itu, kita dipukulin habis (aparat polisi), kalian pukulin dia, anak buah saya sudah korban banyak, saya nggak ada urusan sama kalian, saya M Iriawan, kalian pukulin HMI itu memang dia provokator," kata Iriawan. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/