Kawasan Hutan Lembah Harau Limapuluh Kota Masih Terbakar, BPBD Kesulitan Padamkan Api

Kawasan Hutan Lembah Harau Limapuluh Kota Masih Terbakar, BPBD Kesulitan Padamkan Api
Api membakar Bukik Jambu di Kawasan Lembah Harau Kabupaten Limapuluh Kota.
Senin, 03 Oktober 2016 19:19 WIB
Penulis: M Siebert

LIMAPULUH KOTA -  Api yang membakar Bukit Jambu yang berada dilokasi Wisata lembah Harau yang cukup tersohor ini terus merambat tanpa bisa dihentikan untuk sementara ini. Kepala BPBD Limapuluh Kota Nasrianto menyebutkan, diperkirakan sudah lebih dari 9 ha Hutan Konservasi sudah habis terbakar sejak 26 september 2016 di lokasi Wisata Lembah Harau.

"Sampai saat ini api sudah melewati Sarasah Aka Barayun (seberang bukit). Medan yang terjal dan minimnya curah hujan serta angin kencang yang terus berhembus di kawasan Kab. 50 Kota menjadi penyebab sulitnya upaya pemadaman api dikawasan ini," katanya.

Sementara itu, upaya yang dilakukan adalah menyiagakan beberapa mobil damkar di kawasan tersebut baik dari Damkar Kota Payakumbuh maupun Kab.50 Kota. Dan bersama sama pihak KSDA Provinsi - Sumbar dan KSDA 50 Kota memadamkan api di lereng terendah dengan teknik membikin embung darurat dilereng.

"Tapi upaya inipun tidak membuahkan hasil yang memadai. Sementara Upaya mendatang Heli oleh Pihak BPBD Provinsi Sumbar masih dalam tahap perencanaan karna masalah teknis lapangan dengan pihak terkait. Seperti masalah elevasi Medan dan lain lain, termasuk bahan bakar Avtur untuk Heli," sebutnya lagi.

Ditambahkan Nasrianto, Senin sore (3/10/2016), sampai saat ini api masih terus menjalar tanpa henti karna angin yang masih terus berhembus di puncak bukit. Perkiraan Titik Koordinat  api sekarang yakni berada di  S 0 6' 36.964 E 100 39' 38.182. Sedangkan jarak udara dari Kota Payakumbuh 13 KM, demikian dilaporkan Team Asasssment Udara BPBD Kab.50 Kota - Sumbar. (***)


Loading...
www www