Home  /  Berita  /  Pemerintahan

IKADI Payakumbuh-Limapuluh Kota Musda II

IKADI Payakumbuh-Limapuluh Kota Musda II
Musda ke II IKADI Payakumbuh-Limapuluh Kota. (bdn)
Senin, 15 Agustus 2016 14:13 WIB
Penulis: Bayu de Nura

PAYAKUMBUH--Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota selenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) ke II dengan tema Islam yang dipahami dan diamalkan dengan sebenar-benarnya akan menjadi "rahmatan lil 'alamin", bertempat di Hotel Mangkuto Payakumbuh, Minggu (14/8).

Dalam Musda tersebut juga turut hadir Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Sekda Kota Payakumbuh Benny Warlis MM, Bimas Islam Kemenag Kota Payakumbuh, serta Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Limapuluh Kota.

 

Ketua panitia Gunawan Bulfi disela-sela acara, mengatakan, tema tentang mempertahankan keutuhan NKRI sengaja dipilih karena bertepatan dengan hari kemerdekaan. Ini bentuk keikutsertaaan para dai dalam menyemarakkan hari kemerdekaan. Jadi perayaan hari kemerdekaan tidak hanya diisi dengan pesta-pora. Yang terlebih penting adalah pemahaman yang benar untuk menjaga NKRI ini.

 

Menurut Ustadz Bulfi, IKADI punya peran penting dalam menyatukan seluruh potensi para dai. Hal ini sebagai langkah awal dalam menyatukan umat. Menurutnya, mustahil umat bisa disatukan jika para dai-nya saja belum bisa bersatu. "Menyatukan umat dimulai dari menyatukan dai. Agar Islam ini bisa menjadi suatu bagunan yang kokoh sebagaimana diilustrasikan hadis Nabi SAW," jelasnya.

 

Bulfi juga menegaskan, seminar kebangsaan sebagaimana yang diangkat oleh IKADI perlu terus dikembangkan. Para dai punya tanggungjawab lebih dalam menjaga stabilitas keamanan dan keutuhan NKRI. "Negara kita Indonesia ini adalah rumah besar kita. Jadi semua kita harus memelihara dan menjaganya," tegasnya.

 

Ketua Wilayah IKADI Sumbar, Dr Urwatil Wusqa Lc MA diminta sebagai nara sumber dalam Musda tersebut. Selain Ustadz Urwatil, Kapolres Kota Payakumbuh, Dandim 0306 Limapuluh Kota, serta Ketua MUI Kabupaten Limapuluh Kota turut hadir sebagai nara sumber.

 

"Umat Islam dari dahulu selalu menjadi yang terdepan dalam membela NKRI. Tidak perlu kita ragukan. Ini lah yang harus terus diusung para da'i dalam menyebarkan syiar Islam ke seluruh pelosok negeri," ujar Urwatil Wusqa.***

Editor:M. Siebert
Kategori:Pemerintahan, Payakumbuh
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/