Home  /  Berita  /  Ekonomi

3 Cara Bijak Kelola Belanja untuk Lebaran

3 Cara Bijak Kelola Belanja untuk Lebaran
Selasa, 14 Juni 2016 13:48 WIB

JELANG Lebaran sudah jadi kebiasaan untuk berbelanja – baik itu keperluan untuk acara di rumah atau di kampung halaman maupun belanja pakaian. Salah satu yang paling cukup menyita cukup banyak penghasilan Anda dan bahkan THR adalah belanja busana. Khususnya para wanita, busana menjadi hal paling wajib yang harus dibeli saat momen Lebaran. 

Tak salah untuk berbelanja dan tak salah untuk memperbarui penampilan Anda saat Lebaran nanti. Siapa yang tidak ingin tampil cantik dan up-to-date ketika bertemu dengan keluarga? Tentu saja semua ingin. Namun, jangan jadikan momen Lebaran malah membebani Anda nantinya dengan membayar cicilan kartu kredit yang melebihi kemampuan ataupun menghabiskan tabungan Anda.

Berikut beberapa pedoman yang bisa Anda pikirkan untuk kelola belanja untuk lebaran.

Kelola Belanja untuk Lebaran dengan Cara ini

Buatlah daftar prioritas

Yang pertama bisa Anda lakukan adalah buatlah daftar prioritas daftar belanja Anda, mulai dari yang terpenting. Jika ternyata suatu barang yang Anda incar sebenarnya tak begitu harus Anda beli, ada baiknya untuk tidak membelinya.

Belanja sebelum dekat puasa ataupun Lebaran

Biasanya harga-harga akan melambung ketika mendekati puasa ataupun Lebaran. Namun, kadang kala, ada produk tertentu yang malah didiskon di hari-hari puasa. Jadi, cobalah cari informasi valid.

Jika Anda menggunakan kartu kredit tertentu, coba cari diskon menarik dari produk-produk yang Anda incar. Contohnya saja di bulan Juni 2016 ini, kartu kredit BCA cukup banyak menghadirkan promosi diskon dan program tertentu untuk produk fashion tertentu. Ada gratis voucher H&M setiap hari Senin apabila Anda gunakan kartu kredit dari BCA untuk berbelanja minimal Rp 500 ribu. Kemudian, ada pula diskon 15% jika berbelanja di Cole Haan Grand Indonesia dengan kartu kredit BCA Anda. Oh iya, terdapat pula cicilan 0% pembelanjaan produk Aldo Shoes dengan tenor 3 dan 6 bulan. Jadi, Anda bisa pakai sepatu baru idaman saat Lebaran meskipun dana minim.

Sisihkan untuk zakat

Pada momen Bulan Ramadhan dan Lebaran nanti, tentu saja adalah waktu terbaik untuk berbuat baik. Oleh karena itu, bijaksana untuk tidak hanya memikirkan kebutuhan diri sendiri saja ataupun keluarga saja. Sisihkan penghasilan Anda untuk zakat adalah prioritas penting pula. Uang yang Anda gunakan tidak lagi habis hanya untuk kebutuhan konsumtif Anda dan keluarga saja sehingga lebih bermanfaat.

Nah, bagaimana? Sudah buat daftar belanja untuk Lebaran saat ini? Jika belum, segera buat daftarnya dan patuhlah terhadap daftar tersebut dengan tanpa lirik sana-sini lagi – apalagi kalau budget yang Anda miliki cukup ketat.

Yang terpenting adalah gunakan momen Lebaran untuk bersilahturahmi dengan keluarga, sanak saudara dan rekan-rekan Anda sebaik mungkin. Lakukan dengan tanpa beban.

Selamat berbelanja secara bijak! 

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Ekonomi, GoNews Group
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/