Home  /  Berita  /  Pemerintahan
BLH Bangun Gerakan Tanam 1000 Pohon

Irfendi Ingatkan Pengendalian Lingkungan dan Bencana

Irfendi Ingatkan Pengendalian Lingkungan dan Bencana
Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dan wabup Ferizal Ridwan bangun gerakan menanam seribu pohon sebagai langkah pengendalian lingkungan dan bencana.(f.humas lk)
Jum'at, 03 Juni 2016 16:47 WIB
Penulis: Tri Nanda
LIMAPULUH KOTA--Bupati Irfendi Arbi menekankan pentinya upaya pengendalian lingkungan dan bencana alam di Limapuluh Kota. Sebagai daerah yang rawan bencana, upaya pengendalian lingkungan menjadi sangat urgen. Butuh langkah serius dan gerakan bersama, agar persoalan bencana dapat diantisipasi sebelum terjadi.

"Saya ingin, pesoalan lingkungan menjadi perhatian serius kita bersama. Jangan sampai lingkungan kita dirusak. Jangan sampai alam kita diganggu. Harus dijaga kelestariannya. Harus ada langkah dan upaya penanganan, kalau perlu dengan kebijakan. Saya minta SKPD terus berkoordinasi," kata Irfendi, saat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di kantor bupati Sarilamak, Jumat (3/6). 

Pada HLH Sedunia atau World Environtment Day (WED) yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, tahun ini Pemkab melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH), sengaja membuat gerakan menanam seribu pohon. Gerakan penghijauan itu terpusat di kawasan Kantor Bupati di Bukik Limau Sarilamak, untuk selanjutnya direalisasikan ke kecamatan dan nagari. 

Terutama di lokasi-lokasi yang dianggap sangat rawan bencana alam. Selain Bupati, hadir dalam agenda itu, Wabup Ferizal Ridwan, Sekdakab Yendri Tomas, Dandim 0306 Letkol Inf Heri Sumitro, Danyon 131 Wira Braja, Danzipur Padang Mengatas Mayor Inf Damai, perwakilan Polres Limapuluh Kota serta jajaran SKPD. 

Irfendi mengaku, menyambut HLH Sedunia dan Hari Kesaktian Pancasila, dirinya sudah menyiapkan kebijakan, seminggu berkantor di Sungai Naniang, Kecamatan Bukik Barisan. Disana, seluruh jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), BLH serta instansi terkait bakal standby membuat posko pengendalian lingkungan dan bencana.  

"Nanti, para personil kita standby di sana (Sungainaniang), dibantu kepolisian, TNI dan masyarakat. Disana, kita akan memulai kegiatan gotong royong, penghijauan, serta pengkajian pengendalian lingkungan. Sekaligus, nanti kita luncurkan Gerakan Pembangunan Ekonomi Masyarakat (Gerbang Emas)," lanjut Irfendi. 

Kesadaran dan peduli lingkungan, katanya, sangat perlu digerakkan, sebagai upaya penyelamatan ekosistem dan menjaga keseimbangan alam demi kelangsungan hidup manusia. Ketika penanaman pohon yang dilakukan secara simbolis di lingkungan kantor bupati, baik Irfendi dan Wabup Ferizal, terlihat sangat kompak. 

Pasangan kepala daerah 'Ideal' itu, bersama jajaran muspida dan ratusan ASN serta perwakilan perbankan tampak bersemangat, mengikuti senam massal bersama. "Jika lingkungan kita sehat, keberlangsungan hidup masyarakat kita Insya-Allah, juga akan aman. Tidak akan ada bencana. Sebagaimana selogan lingkungan hidup, Go Wild for Life," sebut Irfendi. ***

Editor:M Siebert
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Limapuluh Kota
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/