Home  /  Berita  /  Pendidikan
Upacara Peringatan Hardiknas Khidmat

Limapuluh Kota, Pengelola Pendidikan Terbaik III di Sumbar

Limapuluh Kota, Pengelola Pendidikan Terbaik III di Sumbar
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi saat menjadi pembina upacara hari pendidikan nasional di GOR Singa Harau.(humas)
Senin, 02 Mei 2016 21:46 WIB
Penulis: Tri Nanda
LIMAPULUH KOTA—Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupten Limapuluh Kota berlangsung khidmat. Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, bertindak sebagai pembina upacara, yang digelar di GOR Singa Harau, Senin (2/5). Dalam upacara akbar yang dihadiri ratusan pelajar dan Aparatur Sipil Nagara (ASN)  itu, Irfendi  menyampaikan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan.

Dalam arahan Mendiknas yang dibacakan Irfendi, pemerintah menekankan pentingnya mengangkat kualitas manusia dan pendidikan, sebagai upaya menghadapi persaingan global. "Presiden Jokowi menggariskan, bahwa Indonesia akan menjadi bangsa, yang disegani dunia, dalam berbagai persaingan dan kompetisi sumber daya manusia," kata Irfendi Arbi, kemarin. 

Mutu dan jenjang pendidikan, katanya, berpengaruh besar terhadap ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera. Oleh sebab itu, pemerintah harus memastikan setiap manusia di Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu. Revolusi tekhnologi akan menjadi lompatan perubahan yang akan berpengaruh terhadap cara bekerja dan belajar.

Oleh karena itu, pemerintah harus terus memberi dukungan penuh kepada seluruh anak didik dan masyarakat guna menjawab semua tantangan secara nasional dan global. Ada tiga komponen pendidikan yang musti diperbaiki, katanya, yakni kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kopetensi.  

"Adapun karakter, terdiri dari dua bagian. Pertama, karakter moral. Yang kedua, adalah karakter kinerja. Terakhir, yang tak kalah pentingnya adalah komponen kompetensi. Adalah tanggungjawab kita bersama untuk memberi ruang, bagi seluruh-anak-anak Indonesia dalam pengembangan pendidikannya," sebut Irfendi.

Pengelola Pendidikan Terbaik

Bupati dalam kesempatan juga membacakan surat pemberitahuan dan undangan dari Gubernur Sumatera Barat bahwa Kabupaten Limapuluh Kota memperoleh penghargaan dari Gubernur Sumbar, sebagai Pengelola Pendidikan Terbaik III di Sumatera Barat.”Alhamdulillah, kita sukses dalam mengelola pendidikan. Sehingga hari ini, kita memperingati hari Pendidikan Nasional. Hardiknas yang pertama kali diperingati sewaktu kami dipercaya menjadi Bupati, ternyata membawa berkah, Limapuluh Kota meraih penghargaan sebagai Pengelola Pendidikan Terbaik III di Sumatera Barat,”ujar Irfendi bersemangat.

Usai upacara dilakukan penyerahan Satya Lencana dari Presiden  kepada para guru yang telah mengabdi minimal  10 tahun secara terus menerus. Serta penyerahan penghargaan kepada para siswa berprestasi di Kabupaten Limapuluh Kota setiap jennjang pendidikan.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/