Home  /  Berita  /  GoNews Group

Warga Solok Selatan Keluhkan Pemadaman Listrik Oleh PLN

Warga Solok Selatan Keluhkan Pemadaman Listrik Oleh PLN
Ilustrasi
Kamis, 28 April 2016 11:44 WIB

PADANG ARO - Krisis energi listrik yang tengah terjadi di Kabupaten Solok Selatan sangat dikeluhkan ma­sya­­rakat Solok Selatan (Sol­sel) . Pemadaman listrik yang tidak menentu oleh PLN cabang Muara Labuh ini ber­langsung sejak, Jumat (22/4/2016).

Pemadaman yang tidak menentu tersebut ber­lang­sung hingga tiga jam tiap hari, dalam sehari bisa sam­pai lima kali pe­ma­da­man. Bahkan, bagi ma­sya­rakat awam yang tidak me­nger­ti mekanisme dan tu­poksi pemerintah daerah langsung menuding pihak pem­kab sebagai muara per­masalahan listrik tersebut.

Wakil Bupati Solsel, Abdul Rahman mengaku dapat pesan melalui hand­phone pribadi-nya terkait pemadaman listrik tersebut. “Beberapa waktu lalu saya di sms oleh seseorang yang mengaku masyarakat Ke­camatan Sangir Jujuan dan nomor tersebut tidak ada nama kontaknya di hand­phone,”katanya.

Pada intinya, masyarakat yang memberikan pesan ke nomor Wabup tersebut me­minta ia selaku pemerintah untuk menindaklanjuti per­masalahan pemadaman lis­trik ini.

Ads

Abdul Rahman men­er­ng­kan, bunyi pesan ter­sebut kira-kira begini. “Pak wabup ke­napa listrik di sini tiap sebentar padam, peralatan elektronik kami semua pada rusak akibat pemadaman itu. Kalau mo­deko caronyo agiah sajolah kami surek anyuik lai pak,”papar Abdul Rahman sambil membacakan pesan itu.

Menurutnya, per­ma­sa­lahan itu bukanlah kewe­nangan pemkab Solsel kare­na kewenangan dari PLN. “Mungkin saja masyarakat itu tidak mengerti,”katanya.

Keluhan yang sama juga dirasakan masyarakat di Nagari Bomas Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu. Seorang masyarakat daerah ini, Yopi menyebutkan be­be­rapa hari pemadaman listrik sangat mengganggu, apalagi tegangan sering ti­dak stabil apabila listrik menyala.”Jika listrik hidup tegangan tidak stabil yang mengakibatkan bola lampu sering putus. Jika kondisi berlarut sudah dapat dipas­tikan perlatan elektronik lainnya mendapat gili­ran,”tandasnya.

Sementara, Pimpinan PLN cabang Muara Labuh, Deni Pamuji kepada Haluan men­gatakan sejak Jumat, (22/4) pembangkit listrik yang dikelola PT Selo Ken­cana Energi (PTSKE) Teluk Air Putih mengalami keru­sakan. “Saat ini kami me­nga­lami kerusakan elektrik pem­bang­ki­t PTSKE dengan daya 2 kali empat me­gawatt sehingga mengakibatkan pe­madaman ber­gi­lir, ”te­rangnya. Sehingga ber­dam­pak di seluruh daerah di Solsel, katanya. “De­ngan jumlah feeder tujuh unit di Solsel kita lakukan pe­ma­daman bergilir hingga elek­trik PTSKE diper­bai­ki,” tambah­nya.

Pihaknya, telah me­la­ku­kan upaya mendesak PTSKE untuk segera mem­perbaiki. “Tapi, proses perbaikan be­lum bisa ditentukan kapan selesainya,”ucapnya.

Sebelumnya, pihak PLN katanya, telah memberikan pengumuman melalui Mas­jid dan Musala serta pihak Kecamatan yang ada, terkait pemadaman listrik secara bergilir. “Kami telah mem­berikan pengumuman kep­a­da masyarakat melalui Mas­jid dan K­e­ca­ma­tan,” tutupnya dilansir dari solselkab.go.id. (***)

Editor:Calva
Sumber:Solselkab.go.id
Kategori:Solok Selatan, GoNews Group, Peristiwa
wwwwww