Home  /  Berita  /  GoNews Group

Mensos RI Setujui Rencana Pemko Sawahlunto Merenovasi Makam Mahaputra Mohammad Yamin Jadi Kawasan Wisata Religius

Mensos RI Setujui Rencana Pemko Sawahlunto Merenovasi Makam Mahaputra Mohammad Yamin Jadi Kawasan Wisata Religius
Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf menyerahkan proposal renovasi Makam Mahaputra Mohammad Yamin pada Mensos Kofifah. (Humas)
Kamis, 28 April 2016 12:46 WIB

JAKARTA - Rencana Pemko Sawahlunto yang akan melakukan pembangunan tugu dan merenovasi areal makam Mahaputra Mohammad Yamin yang terletak di Talawi, disetujui Menteri Sosisl RI Kofifah Indar Parawangsa dalam pertemua singkat dengan Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf di Jakarta beberapa hari lalu. Proposal pembangunan tugu dan renovasi areal Makam Mohammad Yamin, menjadi kawasan wisata religius disambut baik Mesos.

Khofifah menyambut baik keinginan Pemerintah Sawahlunto untuk membangun tugu penerima bintang Mahaputra RI itu, sekaligus dilakukannya renovasi terhadap kawasan makam, menjadi ruang terbuka hijau.

Dalam proposal yang diserahkan langsung ke tangan Menteri Khofifah, baik renovasi kawasan makam maupun untuk pembangunan tugu Mohammad Yamin, Walikota Sawahlunto Ali Yusuf mengajukan anggaran biaya sebesar Rp2,2 miliar.

“Alhamdulillah, gayung bersambut. Proposal yang diajukan untuk renovasi kawasan makam dan pembangunan tugu Mohammad Yamin disetujui Bu Menteri,” ungkap Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, Rabu (27/4/2016) sebagaimana dilansir sawahluntokota.go.id.

Bagi Khofifah keberadaan Makam Mohammad Yamin memiliki nilai sejarah yang sangat berarti. Tidak hanya bagi Sawahlunto atau Sumatera Barat saja. Namun, nilai sejarah itu bagi Indonesia secara keseluruhan.

Apalagi, ujar Menteri kelahiran 19 Mei 1965 itu, Mohammad Yamin merupakan pahlawan nasional yang multi talenta, mulai dari pejuang kemerdekaan, politik, hukum, sastra kesenian, hingga kebudayaan, yang memberikan warna tersendiri bagi kemajuan Indonesia.

Khofifah sangat antusias dengan rencana pembangunan tugu serta kawasan ruang terbuka hijau di areal Makam Mahaputra Mohammad Yamin itu. Bahkan, Khofifah juga merencanakan akan datang ke Sawahlunto dalam waktu dekat.

“Insya Allah, jika tidak ada aral melintang, saya akan datang ke Sawahlunto usai idul fitri nanti, dalam kegiatan Jambore Kader PKK tingkat Sumbar, yang dipusatkan di Sawahlunto,” ungkap Khofifah.

Bagi Ali Yusuf, kehadiran tugu dan renovasi Makam Mahaputra Mohammad Yamin nantinya, dapat menumbuhkan rasa kebangsaan dan nasionalisme di tengah masyarakat. Salah satu jalannya dengan menghargai, mengenang jasa pahlawan yang telah mempersembahkan hidupnya demi kemajuan bangsa.

Masyarakat Sawahlunto, lanjut Bapak tiga anak itu, dapat memulainya dengan mengenang jasa pahlawan yang ada di Sawahlunto sendiri, yakni pahlawan nasional, putra Sawahlunto peraih bintang mahaputra Muhammad Yamin.

Ali Yusuf didampingi Kepala DPPKAD Buyung Lapau dan Kepala Dinas Kesehatan Sosial, Ambun Kadri, juga mengajak seluruh masyarakat Sawahlunto terus mengenang jasa besar, yang dipersembahkan Muhammad Yamin untuk generasi saat ini.

“Hasil perjuangan dan nilai kepahlawanan yang dimiliki seorang Mohammad Yamin, sangat layak untuk ditiru generasi bangsa saat ini,” ungkapnya. (Humas/fad)

Editor:Calva
Sumber:Sawahluntokota.go.id
Kategori:Sawahlunto, GoNews Group, Ekonomi
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/