Home  /  Berita  /  GoNews Group

16 BEM se-Aceh Demo Polda Terkait Pilkada, Simak Tuntutannya!

16 BEM se-Aceh Demo Polda Terkait Pilkada, Simak Tuntutannya!
Aksi demontrasi oleh mahasiswa sa-Aceh di depan Mapolda terkait Pilkada damai, Senin (4/4/2016)
Senin, 04 April 2016 15:38 WIB
Penulis: Rachmad Ramadhani

BANDA ACEH - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam GAMA (Gerakan Aktivis Mahasiswa Aceh) perwakilan dari 16 BEM se - Aceh menggelar aksi demonstrasi di depan Mapolda Aceh, Senin (4/4/2016).

Aksi demontrasi yang dilakukan oleh GAMA (Gerakan Aktivis Mahasiswa Aceh) terdiri perwakilan 16 BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dari kampus Unsyiah Banda Aceh, USM Banda Aceh, Poltekkes Aceh Banda Aceh, Unaya Banda Aceh, STIES Banda Aceh, Umuslim Bireuen, STIE Kebangsaan Bireuen, IAI Almuslim Bireuen, IAI Al-Aziziyah Samalanga Bireuen.

Selanjutnya BEM dari kampus Unimal Aceh Utara, Akkes Pemda Aceh Utara, STAIN Malikussaleh Lhokseumawe, Politeknik Lhokseumawe, Unsam Langsa, Univ. Sains Cut Nyak Dhien Langsa, dan Unigha Sigli,

Dalam aksi damai tersebut, mereka meminta Polda Aceh untuk mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh yang akan berlangsung pada awal tahun 2017. Para mahasiswa dari 16 perguruan tinggi di Aceh juga meminta kepolisian dan TNI untuk menjamin stabilitas keamanan di Aceh.

"Pilkada harus bebas intimidasi dan money politik, jika terjadi ini akan mencederai kehidupan demokrasi di Aceh," kata ketua BEM Unsyiah, Hasrizal.

Aksi yang dikawal beberapa personel kepolisian tersebut mengundang perhatian dari pengguna jalan yang melewati Polda Aceh, para mahasiswa tampak mengenakan baju almamater dari kampus masing-masing di kabupaten/kota Aceh.

Sementara itu, Ketua BEM Umuslim, Muhammad Fauzan dalam orasinya mengatakan mahasiswa se-Aceh siap membantu Polda Aceh untuk menjaga keamanan Pilkada 2017. Menurutnya, keberhasilan pesta demokrasi itu akan ditentukan dengan stabilnya situasi keamanan yang dilakukan kepolisian.

"Kami siap membantu kepolisian agar Pilkada Aceh suskes. Banyak anggaran yang digunakan dalam Pilkada nanti, kita siap mengawalnya," teriak Fauzan.

Usai berorasi selama 30 menit di depan Polda Aceh, para mahasiswa bergerak menuju Gedung DPRA untuk menyampaikan aspirasi menuntut Pilkada Aceh bebas dari intimadasi dan berlangsung damai. (rhd)

Editor:Mustafa Kamal Usandi
Kategori:GoNews Group, Peristiwa
wwwwww